Selasa 21 Mar 2017 21:18 WIB

Penyu Ini Mati Setelah Menelan Ratusan Koin Keberuntungan

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Bayu Hermawan
Penyu (ilustrasi)
Foto: foxnews.com
Penyu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Seekor penyu tua berusia 25 tahun yang dijuluki Om Sin atau jika diterjemahkan Piggy Bank, akhirnya tewas setelah menelan 915 koin keberuntungan. Dua pekan sebelumnya ia sudah dioperasi untuk mengeluarkan koin-koin itu dari perutnya.

Koin-koin keberuntungan itu sengaja dilemparkan ke kolam tempat Piggy Bank hidup oleh warga sekitar. Dia dinilai telah pulih usai melewati operasi selama tujuh jam, dan saat itu ditemukan 11 pon koin oleh dokter hewan di Universitas Chulalongkorn di Bangkok.

"Penyu itu sepenuhnya pulih dari operasi pada 6 Maret. Dia sedang berenang dan makan secara normal selama sepekan ini. Kami merencanakan untuk mengembalikannya ke kolam Royal Thai Navy Penyu, Kamis nanti." tulis Nantarika Chansue, yang memimpin tim dokter hewan, pada halaman Facebook-nya, dikutip CNN, Selasa (21/3).

Tapi pada Ahad (19/3) malam ia ditemukan bernapas terlalu lambat, lalu dibawa ke perawatan intensif dengan infeksi usus yang serius. Dia menjalani operasi darurat, Senin (20/3), namun koma dan mati pada Selasa (21/3) pagi.

"Kami semua sangat sedih. Kami mencoba yang terbaik, namun karena kelemahan fisik dan beberapa komplikasi termasuk toksisitas dalam sistem darah, dia tidak bisa bertahan," katanya.

Chansue juga mengabarkan kabar kematian penyu itu di halaman Facebook-nya. Kabar darinya mendapatkan ribuan komentar keprihatinan dari warga Thailand yang menganggap kura-kura sebagai simbol umur panjang. Menurut Guardian, mayoritas masyarakat Thailand percaya bahwa melempar koin kepada penyu atau kura-kura bisa membuat umur panjang.

Menurut Reuters tim dokter akan melakukan outopsi terhadap Piggy Bank. Outopsi itu dilakukan agar manusia bisa lebih memahami hewan ini dan bagaimana memperlakukan mereka di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement