Kamis 21 Sep 2017 21:18 WIB

Tenda Bantuan Indonesia Telah Berdiri di Bangladesh

Rep: Marniati/ Red: Gita Amanda
Pengungsi meninggalkan kamp pengungsi Rohingya yang terendam banjir di Cox's Bazaar, Bangladesh,
Foto: Mohammad Ponir Hossain/Reuters
Pengungsi meninggalkan kamp pengungsi Rohingya yang terendam banjir di Cox's Bazaar, Bangladesh,

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA -- Tenda bantuan Indonesia telah berdiri di lokasi pengungsi Rohingya di Thaingkali, Bangladesh yang menampung sekitar 60 ribu orang pengungsi yang baru datang.

"Hari ini tenda bantuan Indonesia telah dipasang di lokasi pengungsian. Bantuan Indonesia diharapkan dapat membantu meringankan beban para pengungsi yang telah sekian lama tidur beratapkan langit, ujar Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Bangladesh, Rina Soemarno dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (21/9).
 
Ia menjelaskan, kerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dhaka dengan Pemerintah Daerah setempat berjalan lancar, sehingga pemasangan tenda dan pendistribusian barang bantuan Indonesia dapat dipantau dengan baik. Pendistribusian bantuan dilakukan secara secara bertahap, berdasarkan pertimbangan Pemerintah Daerah mengenai daerah mana yang memerlukan barang-barang bantuan dari berbagai negara yang telah tiba di Bangladesh.
 
Tenda yang dipasang ialah jenis refugee tent dari BNPB yang mampu menampung 50 orang. Tenda tersebut juga dilengkapi dengan ventilasi dan alas agar para pengungsi tidak tidur di atas tanah.

Barang bantuan lain yang masih terus didistribusikan ialah makanan siap saji dan family kit yang terdiri dari terdiri dari sabun, shampoo, sikat dan pasta gigi, dan kotak P3K. Sejumlah pengungsi, khususnya wanita dan anak-anak diutamakan dalam pendistribusian family kit tersebut.

Sebanyak 74 ton bantuan kemanusiaan dari Indonesia telah sampai di Bangladesh dalam delapan kali pengiriman dengan pesawat C-130 TNI AU. Bantuan kemanusiaan tersebut berupa beras sebanyak 30 ton, selimut sebanyak 14 ribu, sarung 17.400, makanan siap saji 2.490 paket, generator listrik 10 set, tenda besar 20 unit, tanki air fleksibel 10 unit, family kit 850 paket, pakaian 900 paket, gula pasir satu ton,minyak goreng 325 boks, dan biskuit 2000 boks.

Seluruh barang bantuan tersebut telah diserahkan secara simbolis kepada pejabat terkait.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement