Sabtu 21 Oct 2017 15:48 WIB

Kaitkan Islam dengan Kriminalitas di Inggris, Trump Dikecam

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Elba Damhuri
Donald Trump
Foto: EPA-EFE/JIM LO SCALZO
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Donald Trump telah secara keliru menghubungkan peningkatan kejahatan yang tercatat di Inggris dan Wales dengan "penyebaran teror Islam radikal" dalam komentar terakhirnya di Twitter. Komentar Trump ini menimbulkan kecaman dari pejabat dan warga Inggris.

"Baru saja keluar laporan: 'Kejahatan Inggris meningkat 13 persen setiap tahun di tengah penyebaran teror Islam Radikal', ini tidak baik, kita harus menjaga Amerika tetap aman!" tulis presiden AS tersebut, dikutip dari the Guardian, Sabtu (21/10).

Kantor Statistik Nasional Inggris (ONS), dalam laporan kuartal tentang kejahatan pada hari Kamis, melaporkan peningkatan 13 persen dalam semua pelanggaran yang dicatat polisi di seluruh Inggris dan Wales. ONS mengatakan bahwa polisi telah mencatat pelanggaran sebanyak 5,2 juta selama setahun sampai Juni 2017. Ini termasuk kejahatan senjata, kejahatan pisau, perampokan, pelanggaran seksual, penguntaian dan pelecehan, perampokan dan kejahatan mobil.

Laporan tersebut hampir tidak menyebutkan terorisme selain untuk merujuk pada suatu kejadian terhadap dampak serangan teroris baru-baru ini di Inggris terhadap tingkat pembunuhan utama. Tiga puluh lima orang terbunuh dalam insiden di London dan Manchester.

Perhatian Trump terhadap tokoh kejahatan tersebut tidak akan menyenangkan Perdana Menteri Inggris, karena ada beberapa aspek dari laporan ONS yang mungkin terdengar lonceng alarm politik. Ini adalah percepatan peningkatan jumlah insiden kejahatan kriminal yang tercatat polisi dalam dua tahun terakhir.

Tweet itu segera dikritik oleh kelompok kanan dan para komentator. Kolumnis surat kabar Katie Hopkins mengutip tweet Trump dengan mengacu pada "kelompok pemerkosaan anak-anak" yang naik 64 persen namun tidak diperhatikan oleh Trump.

Yang lainnya mengkritik Trump karena telah menghubungkan statistik kejahatan dengan meningkatnya ekstremisme Islam. Miqdaad Versi, asisten sekretaris jenderal di Dewan Muslim untuk Inggris, yang berkampanye menentang misrepresentasi umat Islam di media, menyebut tweet Trump "tidak kompeten".

Wakil pimpinan Partai Buruh, Tom Watson, menyamakan tweet tersebut dengan kejahatan kebencian. Jo Swinson, anggota parlemen Demokrat Liberal, menuduh Trump menyebarkan ketakutan.

Caroline Lucas, co-leader Green Party, menantang Perdana Menteri, Theresa May, untuk mengutuk Trump. Yvette Cooper, anggota parlemen Partai Buruh dan ketua komite Departemen Dalam Negeri Inggris, menyebut tweet Trump "bodoh".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement