Ahad 24 Dec 2017 08:04 WIB

Dubes AS untuk Belanda Minta Maaf Atas Klaim Palsunya

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Andri Saubani
Pete Hoekstra
Foto: EPA/Michael Reynolds
Pete Hoekstra

REPUBLIKA.CO.ID, DEN HAAG -- Duta besar Amerika Serikat (AS) untuk Belanda yang baru saja menjabat, Pete Hoekstra, meminta maaf atas klaim palsunya. Pada 2015, ia pernah mengatakan, bahwa ada zona no-go di Belanda atau daerah yang memiliki reputasi melakukan kekerasan dan kejahatan yang membuat orang takut untuk pergi ke sana.

Hoekstra mengatakannya dalam sebuah wawancara pada acara televisi Nieuwsuur. Selain mencap terdapat zona no-go di Belanda, ia juga mengatakan bahwa yang ia sebut daerah ekstremis tersebut membawa kekacauan untuk Eropa.

Setelah tiba di Belanda untuk jabatan barunya, dia langsung diwawancarai oleh seoraang jurnalis televisi Belanda pada pekan ini yang menanyakan kepadanya tentang komentar zona no-go tersebut. Ia membantah telah mengatakan hal tersebut, dengan menyebut bahwa klaim tersebut adalah berita palsu.

Namun kemudian, acara televisi tersebut menunjukkan klip komentarnya pada 2015 itu. Pada Sabtu ia kemudian melakukan klarikasi di Twitter, tentang penyesalannya atas pertukaran dalam program Niewsuur itu. "Tolong terima permintaan maaf saya," katanya, menurut Telegraph, Ahad (24/12).

Hoekstra juga menekankan keinginannya untuk menghadapi ancaman terorisme. Hoekstra adalah mantan anggota kongres dari Partai Republik dari Michigan yang lahir di Belanda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement