Jumat 29 Dec 2017 15:47 WIB

Hewan dari Kebun Binatang Aleppo Punya Rumah Baru

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Esthi Maharani
Hewan dari Kebun Binatang Aleppo Punya Rumah Baru
Foto: CNN
Hewan dari Kebun Binatang Aleppo Punya Rumah Baru

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN - Saees, singa berusia dua tahun, kini telah menemukan tempat tinggal baru di Yordania. Dia adalah salah satu dari beberapa hewan yang berhasil diselamatkan dari Magic World, sebuah kebun binatang di pinggiran Aleppo timur, Suriah.

Sebelum perang, Magic World dihuni oleh sekitar 300 hewan. Namun kebun binatang itu tidak lagi terurus setelah negara tersebut porak-poranda oleh pertempuran. Hewan-hewan yang terperangkap hanya memiliki sedikit cadangan air dan makanan. Banyak dari mereka yang mati kelaparan, atau bahkan terbunuh oleh serangan bom yang telah menjadikan kompleks kebun binatang itu hancur menjadi puing-puing.

Sepanjang 2017, hanya 13 hewan yang berhasil ditemukan dan diselamatkan dari dalam kebun binatang. Mereka diselamatkan oleh organisasi kesejahteraan hewan internasional Four Paws.

"Lebih dari 300 hewan pernah mendiami kebun binatang itu, namun ketika organisasi kesejahteraan hewan melakukan penyelamatan, hanya tersisa 13 hewan, " kata tim penyelamat dari Four Paws, dikutip CNN.

Tidak diketahui apa yang terjadi pada hewan-hewan lainnya. Tim penyelamat mengatakan mereka kemungkinan mati karena kelaparan dan pemboman, serta melarikan diri atau dijual ke swasta.

Saeed, bersama dengan empat singa lainnya, dua harimau, dua hyena, dua ekor anjing serigala, dan dua beruang hitam berhasil dievakuasi dari Magic World pada Juli lalu. Mereka diangkut dengan truk menuju perbatasan Suriah-Turki, dan akhirnya dipindahkan ke cagar alam Al Ma'wa di Yordania, rumah baru mereka.

"Dengan misi kami, kami ingin menyebarkan pesan bahwa kemanusiaan tidak dapat dihancurkan dan bahwa hewan-hewan yang menderita ini pantas didengar dan dilihat," kata Amir Khalil, dokter hewan Four Paws dan kepala misi penyelamatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement