Rabu 10 Jan 2018 12:40 WIB

Honduras Dilanda Gempa Berkekuatan 7,6 SR

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agus Yulianto
Pantai Honduras
Foto: flickr
Pantai Honduras

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO -- Gempa berkekuatan 7,6 SR melanda Laut Karibia yang terletak antara pantai Honduras dan kepulauan Cayman, Selasa malam (9/1). Belum ada laporan awal mengenai kerusakan yang diakibatkan gempa ini.

Dilansir dari USA Today, pusat peringatan tsunami mengatakan, tidak ada gelombang tsunami yang bisa dikonfirmasi. Namun, pihak tersebut menekankan, orang-orang yang tinggal di Puerto Riko, kepulauan Karibia lainnya, dan pantai Amerika Tengah harus waspada terhadap kemungkinan tsunami.

Survei Geologi AS mengukur gempa tersebut pada skala awal 7,6 SR. Gempa tersebut melanda laut yang berada sekitar 202 km utara-timur laut Barra Patuca, Honduras dan 303 km barat daya George Town, Kepulauan Cayman. Getaran sendiri terjadi sekitar 10 km di bawah permukaan laut.

Pantai utara Honduras yang paling dekat dengan pusat gempa merupakan lokasi yang jarang penduduk dan sebagian besar ditutup oleh cagar alam. Beberapa orang di ibu kota Tegucigalpa mengatakan mereka tidak merasakan getarannya.

Presiden Juan Orlando Hernandez melalui akun Twitter-nya mengatakan Honduras telah mengaktifkan sistem daruratnya dan meminta masyarakat untuk tenang.

Di Kepulauan Cayman sendiri, Sersan Dave McKay dan Kepolisian Kepulauan Cayman mengatakan kepada The Associated Press bahwa petugas menajemen bahaya tidak mengeluarkan peringatan tsunami namun pihak berwenang masih memantau situasi tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement