Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Pastor Ternama Amerika Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual

Jumat 24 Sep 2010 05:27 WIB

Rep: AP/ Red: Budi Raharjo

Pastor Eddie Long

Pastor Eddie Long

Foto: AP Photo

REPUBLIKA.CO.ID,ATLANTA--Pastor Eddie Long siap-siap menghadapi kasus hukum pelecehan seksual yang diungkapkan tiga orang remaja. Pastor dari sebuah gereja yang sangat besar (Megachurch) di Amerika Serikat ini dituduh telah berhubungan seks dengan tiga remaja pria.

Long selama ini dikenal sebagai pastor yang menentang pernikahan sesama jenis. Pastor ternama dari New Birth Missionary Church ini dituduh telah memaksa tiga remaja itu untuk berhubungan seks.

Pengacara BJ Bernstein yang mewakili penggugat mengatakan telah membuka penyelidikan atas kasus ini setelah diminta oleh salah seorang korban. Dia mengatakan ketiga remaja itu telah mengizinkan agar identitasnya dibuka kepada publik. Ketiga remaja tersebut adalah Maurice Robinson (20 tahun), Anthony Flagg (21), dan Jamal Parris (23).

Namun mengingat begitu besarnya pengaruh gereja itu, Bernstein ragu pihak berwenang setempat mau menyelidiki kasus ini. ''Ini merupakan gereja yang sangat besar dengan pengaruh politik yang kuat,'' ujarnya. ''Banyak foto yang memperlihatkan pastor ini dengan para politikus di sekelilingnya. Namun yang lebih penting adalah bagaimana saya dapat percaya bahwa perkataan tidak akan berbalik membela pastor itu.''

Dekalb Country Sheriff, Thomas Brown, telah menjadi anggota dari gereja yang dipimpin Long sejak lebih dari 15 tahun lalu. Dan dia pun menjadi penasihat Akademi Pemuda Longfellows. Bahkan dia mengatakan akan berdiri membela Long.

Bernstein mengatakan, kasus ini sangat tergantung pada kesaksian tiga remaja kliennya karena dia tidak memiliki bukti fisik yang dapat memperkuat tuduhan. Namun dia berencana mengumpulkan catatan perjalanan pastor itu yang membuktikan bahwa Long pernah bepergian dengan remaja itu ke New York, Las Vegas, Selandia Baru, dan tempat lainnya.

Long diangkat menjadi pastor di gereja itu pada 1987. Dia memiliki semacam kerajaan pelayaan yang mencakup kalangan olahragawan, politikus dan kalangan selebritis sebagai anggotanya. Gereja yang dipimpinnya kini berdiri di atas lahan seluas 250 hektare dan memiliki jamaah lebih dari 25 ribu orang, dana sebesar 50 juta dolar AS, dan sekitar 10 ribu kursi di katedral-nya.

Long dikenal sebagai pastor yang vokal dan kerap menyerukan larangan pernikahan sesama jenis. Tuduhan pelecehan seksual terhadap pastor atau pendeta yang menentang homoseksual itu bukanlah kali pertama terjadi di Amerika.

Sebelumnya, Pastor Ted Haggard terpaksa harus meninggalkan New Life Church Colorado pada 2006 karena dituduh telah berhubungan seks dengan pelacur laki-laki. Haggard menyangkal tuduhan tersebut. Tetapi kemudian dia mengakui telah melakukan pencabulan dan setelah itu dia mendirikan sebuah gereja baru pada Juni 2010.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA