Jumat 28 Nov 2014 05:26 WIB

Afrika Selatan Dukung Kemerdekaan Palestina

Rep: c14/ Red: Damanhuri Zuhri
Presiden Afrika Selatan (Afsel), Jacob Zuma.
Foto: ewn.co.za
Presiden Afrika Selatan (Afsel), Jacob Zuma.

REPUBLIKA.CO.ID, PRETORIA -- Afrika Selatan sepakat untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Palestina.

Hal ini disampaikan Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, kepada media dalam kunjungan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, ke negeri Nelson Mandela itu. Mahmoud Abbas berada di Afrika Selatan hingga Jumat (28/11).

Dilansir dari Prensa Latina, kedua pemimpin itu menyetujui kesepahaman, yang antara lain berisi Afrika Selatan akan memperkuat diplomasi internasional dalam mendukung kemerdekaan Palestina dan keamanan Timur Tengah pada umumnya.

Selain itu, kedua pemimpin tersebut sepakat kerja sama dalam bentuk peningkatan kapasitas nasional kedua negara juga turut dibahas.

Salah satu butir kesepakatan adalah pendirian Komisi Koalisi Bersama antara Afrika Selatan dan Palestina. Selain itu, diratifikasi pula memorandum mengenai kesepahaman politik serta kerja sama dalam bidang pendidikan dan pelatihan profesional.

Presiden Zuma mengatakan, pihaknya menyatakan dukungan penuh terhadap Palestina, yang hendak mempertahankan wilayahnya dari aneksasi Israel.

Menurut Presiden Zuma, tindakan kolonial Israel bertentangan dengan visi PBB dalam membina perdamaian di kawasan Timur Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement