Selasa 06 Jan 2015 12:46 WIB

Israel tak Manusiawi, Kondisi Tahanan Palestina Terus Memburuk

Rep: Nursyamsi/ Red: Damanhuri Zuhri
Ayman Sharawneh, warga Palestina yang menjadi tahanan Israel yang kemudian dibebaskan karena mogok makan
Foto: Reuters
Ayman Sharawneh, warga Palestina yang menjadi tahanan Israel yang kemudian dibebaskan karena mogok makan

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Departemen Otoritas Tahanan Palestina mengatakan perlakuan tidak manusiawi Israel membuat kondisi kesehatan sejumlah tahanan Palestina di penjara-penjara Israel terus memburuk.

Sebuah laporan mengatakan seorang tahanan Palestina, Fouad Shweiki (75) menderita penglihatan yang buruk, tekanan darah tinggi, dan masalah prostat, sebagaimana dikutip Maan News, Selasa (6/1).

Shweiki yang mendapat hukuman 20 tahun penjara adalah tahanan Palestina tertua saat ini di penjara-penjara Israel. Memburuknya kesehatan Shweiki dinilai karena Israel tak juga memberikan perawatan medis yang tepat.

Shweiki hanya satu dari banyak tahanan Palestina lainnya yang dalam kondisi buruk. Khaled Hassan al-Qadi contohnya. Pria berusia 40 tahun itu dilaporkan menderita Hepatitis B dan hingga kini dirinya belum menerima perawatan medis.

Sekitar tujuh ribu warga Palestina tercatat tinggal dibalik jeruji besi milik Israel, dimana dua ribu diantaranya ditangkap oleh pasukan Israel pada tahun lalu ditengah ketegangan di Tepi Barat dan Gaza.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement