Ahad 23 Jul 2017 09:12 WIB

Imam Al-Aqsha: Negara-Negara Arab Sibuk Bertengkar Sendiri

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Bayu Hermawan
Seorang warga Palestina berdoa usai menunaikan Shalat JUmat di Masjidil Al Aqsa, pada minggu ke-3 bulan Ramadhan 1438H
Foto: Ammar Awad/Reuters
Seorang warga Palestina berdoa usai menunaikan Shalat JUmat di Masjidil Al Aqsa, pada minggu ke-3 bulan Ramadhan 1438H

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM - Imam Masjid Al-Aqsa dan mantan Mufti Agung Sheikh Ikrima Sabri mengatakan, negara-negara Arab terlalu sibuk bertengkar sendiri. Dalam khotbah shalat Jumat (21/7), Sheikh Sabri menuturkan saat ini otoritas Israel telah menempatkan detektor logam di gerbang Masjid Al-Aqsa untuk menguji negara-negara Arab.

"Ini bukan ujian bagi kami karena sikap kami, seperti orang Yerusalem, sangat jelas. Tapi ini adalah ujian bagi negara-negara Arab yang secara diplomatis lemah karena pertempuran mereka satu sama lain," ujar Sabri, dikutip Middle East Monitor.

Imam berusia 78 tahun itu menambahkan, orang-orang Arab sibuk membeli senjata untuk membunuh satu sama lain. Sabri terkena dua peluru karet yang ditembakkan oleh pasukan keamanan Israel awal pekan ini. Saat itu dia memprotes tindakan keamanan yang diberlakukan di Masjid al-Aqsha oleh pemerintah Zionis.

Otoritas Islam di Yerusalem telah meminta semua masjid di kota tersebut untuk tertutup dan memerintahkan shalat Jumat untuk dilakukan hanya di dekat al-Aqsha. Namun, polisi Israel yang diperkuat oleh lima batalion tambahan, telah mencegah jamaah untuk memasuki tempat suci tersebut.

Di bawah slogan "Day of Rage", banyak pemimpin Palestina yang meminta jamaah untuk melakukan shalat Jumat di dekat Masjid Al-Aqsa. Shalat Jumat juga dilakukan di pos pemeriksaan Israel jika mereka tidak diijinkan masuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement