Kamis 14 Dec 2017 17:55 WIB

Israel Kembali Serang Hamas di Gaza

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Winda Destiana Putri
Hamas
Hamas

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA - Israel kembali melakukan serangkaian serangan udara terhadap Hamas di Gaza, pada Kamis (14/12) pagi. Serangan ini dilakukan beberapa jam setelah sejumlah roket ditembakkan ke Israel dari wilayah Palestina.

Dalam sebuah pernyataan, tentara Israel mengatakan mereka telah menargetkan tiga fasilitas militer Hamas di berbagai wilayah Jalur Gaza, yang dikuasai Hamas. "Fasilitas militer digunakan sebagai bahan pelatihan dan penyimpanan senjata," kata pernyataan tersebut, dikutip Al-Arabiya.

Sebuah sumber keamanan Palestina mengatakan ada lebih dari 10 serangan. Salah satu lokasi serangan adalah sebuah fasilitas angkatan laut Hamas dan sebuah pangkalan militer di dekat kamp pengungsi Shati di utara Gaza.

Sumber tersebut mengatakan telah terjadi kerusakan yang signifikan pada fasilitas-fasilitas tersebut dan kerusakan yang lebih kecil pada rumah-rumah yang ada di dekatnya, serta menyebabkan luka ringan. Tidak ada konfirmasi awal mengenai korban cedera dari kementerian kesehatan di Gaza.

Serangan ini terjadi beberapa jam setelah sistem pertahanan rudal Israel mencegat dua roket yang ditembakkan dari Gaza. Roket tersebut ditembakkan oleh kelompok-kelompok kecil, namun Israel menyatakan Hamas telah bertanggung jawab atas serangan dari wilayah tersebut.

Telah terjadi peningkatan kekerasan di Gaza sejak Presiden AS Donald Trump mengumumkan dia mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Rabu pekan lalu. Empat warga Gaza terbunuh, dua dalam bentrokan di sepanjang perbatasan dan dua militan Hamas dalam serangan udara Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement