Sabtu 14 Jul 2018 18:56 WIB

Abbas Tiba di Rusia

Abbas dan Putin akan fokus untuk selesaikan krisis Timur Tengah

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Presiden Palestina Mahmoud Abbas
Foto: Antara/Subekti
Presiden Palestina Mahmoud Abbas

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah tiba di Rusia pada Jumat (13/7). Dalam kunjungan ini, Abbas akan bertemu dan mendiskusikan sejumlah isu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Presiden (Abbas) telah tiba di Moskow," kata seorang juru bicara Kedutaan Besar Palestina untuk Rusia, dilaporkan laman kantor berita Rusia TASS.

Sebelumnya Duta Besar Palestina untuk Rusia Abdel Hafiz Nofal mengatakan, salah satu isu yang akan dibahas Abbas dengan Putin adalah tentang rencana perdamaian Timur Tengah. "Abbas berencana berdiskusi dengan Putin tentang isu-isu kunci terkait dengan memulai kembali proses perdamaian Timur Tengah, dengan mempertimbangkan pertemuan puncak antara presiden Rusia dan Amerika Serikat (AS), Vladimir Putin dan Donald Trump, di Helsinki (Finlandia)," katanya.

"Presiden Palestina dan Rusia juga akan berbicara tentang proposal AS (untuk perdamaian Timur Tengah) dan hubungan kita dengan Israel," kata Nofal manambahkan.

Pembicaraan antara Abbas dan Putin diperkirakan akan fokus pada penciptaan mekanisme multilateral baru untuk menyelesaikan krisis Timur Tengah, termasuk konflik Palestina dengan Israel. Mekanisme itu diperkirakan akan melibatkan lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB, yakni Rusia, AS, Inggris, Prancis, dan Cina.

Sejak AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Desember tahun lalu, Palestina menarik diri dari perundingan damai dengan Israel yang dimediasi AS. Palestina menilai AS tak lagi dapat diandalkan dan dipercaya karena terbukti membela kepentingan politik Israel.

Sebagai gantinya, Palestina menyerukan dibentuknya mekanisme baru untuk menyelesaikan konflik dengan Israel. Selain melibatkan PBB, mekanisme tersebut juga harus menyertakan Uni Eropa dan negara-negara Muslim.

Abbas dilaporkan akan bertemu Putin pada Sabtu (14/7). Ia akan berada di Rusia hingga 16 Juli mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement