Sabtu 16 Nov 2013 04:40 WIB

Mahasiswa Palestina Belajar Gelombang Microwave dari Pakar Lulusan Malaysia

Brosur aplikasi gelombang microwave (ilustrasi)
Foto: rezn8d.net
Brosur aplikasi gelombang microwave (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BIRZEIT -- Universitas Birzeit Palestina, Jurusan Teknik Elektro, mengadakan kuliah umum tentang gelombang microwave (gelombang pendek) dengan tema 'Design of High Gain and Steerable Millimetre Wave Plasmonic Antennas' baru-baru ini.

Kuliah umum ini mendatangkan pembicara tamu Shaker Alkaraki, yang menerima gelar kesarjanaan di bidang Teknik Telekomunikasi dengan nilai tertinggi tahun 2011 dari Universitas Islam Internasional Malaysia (IIUM), Kuala Lumpur.

Sebelumnya, Shaker menerima gelar magister dengan nilai istimewa dari bidang yang sama dari University of Manchester, Inggris.

Dalam presentasinya, Shaker menjelaskan karakteristik antena bertekanan tinggi (high gain antenna) sebagai antena memfokuskan radiasi gelombang elektromagnetik 'beam antenna' menuju satu arah.

Antena gelombang milimeter berarti dimensi antena dan operasi gelombang elektromagnetik berukuran milimeter.

Sementara itu, menurut situs Universitas Birzeit, istilah antena steerable (putar) berarti bahwa balok antena dapat diarahkan tanpa menggerakkan antena itu secara fisik.

Antena plasmonik ini mempunyai banyak fungsi yang mempunyai peluang aplikasi bagi umat manusia dan dunia bisnis seperti penerapannya dalam bidang radar, sistem pertahanan, sistem pencitraan dan aplikasi biomedis seperti: deteksi kanker.

Penggunaan antena ini di bidang kesehatan sangat berguna karena mempunyai penetrasi dan resolusi yang tinggi. 

sumber : birzeit.edu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement