Kamis 11 Oct 2018 15:01 WIB

Palestina Sumbang Bantuan untuk Korban Gempa Palu

Donasi itu adalah ucapan terima kasih dari rakyat Palestina.

Suasana salah satu kawasan kota yang telah dialiri listrik pascagempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (10/10).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Suasana salah satu kawasan kota yang telah dialiri listrik pascagempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (10/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Palestina melalui Palestinian International Cooperation Agency (PICA) memberikan bantuan kepada korban gempa serta tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"Palestina menerima panggilan dari Indonesia atas gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah. Pemerintah dan rakyat Palestina berduka atas bencana yang melanda Palu dan sekitarnya. Semoga para korban gempa dan tsunami diberikan kesembuhan dan kekuatan," ujar Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Saleh Muhammad al-Shun dalam konferensi pers di Kedubes Palestina, Jakarta, Kamis (11/10).

Donasi itu adalah ucapan terima kasih dari rakyat Palestina atas apa yang sudah diberikan oleh Indonesia selama ini. Ia mengatakan, donasi tersebut sebagai bentuk persaudaraan antara Palestina dan Indonesia yang terjalin erat selama ini.

"Keadaan Palestina saat ini yang sudah membuat hati kami tergerak untuk membantu saudara kami Indonesia," kata dia.

photo
Sejumlah anak berada di posko pengungsi korban gempa dan tsunami di Masjid Agung Darussalam, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (10/10).

Direktur Jenderal Badan Kerja Sama Internasional Palestina (Palestinian International Cooperation Agency/PICA) Imad al-Zuhairi mengatakan, rakyat Palestina prihatin atas kejadian yang menimpa masyarakat Palu dan sekitarnya. "Donasi ini adalah rasa keprihatinan mendalam dan solidaritas kami kepada masyarakat Sulawesi Tengah," kata dia.

Bentuk bantuan yang diberikan Palestina berupa sarung, air mineral, terpal, tenda, selimut, kebutuhan untuk wanita dan bayi, genset, serta penyimpanan air. "Atas instruksi Presiden Palestina, kami Badan Kerja Sama Internasional Palestina langsung memberikan bantuan kepada Indonesia di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta," ujar dia.

Bantuan tersebut akan segera dikirimkan ke Palu dan sekitarnya melalui Bandara Halim Perdanakusuma. "Sebenarnya kami mendapatkan instruksi langsung untuk segera bergerak ke wilayah terdampak gempa dan tsunami. Namun, beratnya kondisi di lapangan membuat kami melaksanakan rencana kedua, yaitu memberikan bantuan di Jakarta," kata dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement