Jumat 21 Dec 2018 15:11 WIB

Libatkan Pemukim Yahudi, Israel Kian Brutal Rampas Tanah

Perebutan paksa tanah Palestina tak hanya di Tepi Barat tetapi juga di sekitar Gaza.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nashih Nashrullah
Pemukiman Yahudi Israel di Tepi Barat
Foto: REUTERS
Pemukiman Yahudi Israel di Tepi Barat

REPUBLIKA.CO.ID, BETHLEHEM -- Pemukim Israel kembali merampas tanah Palestina Kamis (20/12) di kota Battir Bethlehem, di Tepi Barat. Sekelompok warga Israel menduduki wilayah itu, dalam upaya untuk memperluas akses pemukiman Yahudi.

Dilansir dari English.Palinfo.com, Komite Anti-pemukiman Israel lokal, Hasan Breijieh mengatakan para pemukim membajak tanah Palestina di saat mereka gencar membuka jalan bagi pembentukan pos pemukiman baru.

"Penduduk lokal Palestina telah berjaga-jaga kepada para pemukim yang masuk ke tanah mereka dan membantu buldoser dari kerusakan lebih lanjut pada saluran budidaya mereka," terang Hasan, Kamis (20/12).

Selain di Bethlehem, perampasan lahan juga terjadi di wilayah Gaza. Di wilayah Gaza yang dekat dengan perbatasan Israel, pasukan pendudukan Israel pada Rabu malam merangsek ke perbatasan timur kamp pengungsi al-Bureij, di Jalur Gaza tengah.

Empat buldoser Israel bergerak 70 meter ke kamp al-Bureij dan meratakan tanah Palestina di perbatasan. Serangan kedua dilakukan Israel, tidak lebih dari 24 jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement