Jumat 08 Mar 2019 13:15 WIB

Israel Tahan 13 Warga Palestina, Serangannya Cederai Bayi

Serangan gas air mata tentara Israel mencederai bayi Palestina berumur 40 hari.

Tentara Israel yang sedang berjaga (ilustrasi)
Foto: Anadolu agency
Tentara Israel yang sedang berjaga (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JENIN -- Pasukan Israel menahan 13 orang Palestina serta membuat bayi yang baru berumur 40 hari sesak napas akibat menghirup gas air mata selama penyerbuan pada Kamis malam (7/3) di seluruh Tepi Barat Sungai Jordan. Masyarakat Tahanan Palestina (PPS) mengkonfirmasi pasukan Israel menahan lima orang di Jenin, bagian utara Tepi Barat.

Beberapa sumber lokal mengatakan militer Israel menyerbu kota kecil Silat Al-Harithiya, sebelah barat-laut Jenin --tempat tentara menahan tiga orang Palestina, termasuk seorang mantan narapidana. Pasukan Israel juga menahan dua bekas tahanan selama penyerbuan sebelum fajar sehingga memicu bentrokan di kamp pengungsi Jenin.

Baca Juga

Tentara Yahudi melepaskan tembakan ke arah pemuda lokal yang memprotes penyerbuan tersebut, kata Kantor Berita Palestina, WAFA --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi.

Di Al-Quds (Jerusalem), pasukan Israel melancarkan penyerbuan ke dalam kota kecil Qatanna, sebelah barat-laut Al-Quds. Mereka menahan tiga orang Palestina setelah menjarah rumah keluarga mereka.

PPS mengkonfirmasi satu warga Palestina ditahan dari Ramallah, bagian tengah Tepi Barat. Di bagian selatan Tepi Barat, PPS mengkonfirmasi dua orang Palestina, termasuk seorang bekas tahanan, diciduk dari Kabupaten Bethlehem.

Saat menjelaskan penyerbuan ke Kabupaten Bethlehem, beberapa sumber keamanan mengatakan puluhan prajurit Israel menyerbu kamp pengungsi Dheisheh, sehingga menyulut bentokan dengan pemuda setempat.

Selama bentrokan yang berkecamuk, tentara Israel melepaskan tembakan ke arah pemrotes dan rumah warga, sehingga bayi yang baru berumur 40 hari menderita sesak nafas akibat menghirup gas air mata. Ia segera dibawa ke rumah sakit yang berpusat di Bethlehem untuk diobati.

Tentara Yahudi menahan satu orang Palestina, yang cedera akibat tembakan tentara Israel selama penyerbuan sebelumnya setelah menjarah rumah keluarganya di kamp pengungsi tersebut. Satu lagi penyerbuan militer serupa dilancarkan di kota kecil Ad-Doha, sebelah barat Bethlehem, dan seorang mantan narapidana ditahan.

Di Kabupaten Al-Khalil (Hebron), PPS mengkonfirmasi dua orang Palestina, termasuk seorang perempuan, ditahan dari kabupaten di bagian selatan Tepi Barat itu. Beberapa sumber keamanan, ketika menjelaskan serangan di Al-Khalil, mengatakan tentara Israel menciduk satu warga Palestina bersama menantu perempuannya setelah menggeledah rumah mereka di kota kecil As-Samou, sebelah selatan Al-Khalil.

Mereka juga melaporkan satu serangan lain ke dalam kota Dura, sebelah barat-laut Al-Khalil, dan Daerah Wadi Al-Harya, tempat tentara Yahudi menggeledah beberapa rumah warga sipil. Tak ada laporan mengenai penahanan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement