Senin 02 May 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Badai Pasir di Mesir Tewaskan 12 Orang

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Badai Pasir yang Sering Terjadi di Wilayah Timur Tengah (ilustrasi)
Leonardo da Vinci

Leonardo da Vinci adalah salah satu pemikir kretaif yang besar dari Renaissance Italia. Ia sangat berpengaruh tidak hanya sebagai seorang seniman dan pematung tetapi juga berbakat sebagai seorang insinyur, ilmuwan dan penemu.

Lahir pada 15 April 1452 di dekat kota Tuscan, putra seorang pengacara lokal ini magang pada pematung dan pelukis Andrea de Verrochio di Florensia pada 1478. Sekitar 1483, ia pindah ke Milan untuk bekerja pada keluarga Sforza sebagai insinyur, pematung, pelukis dan arsitek.

Dari 1495-1497 ia meghasilkan mural The Last Supper di ruang makan Biara Santa Maria delle Grazie di Milan. Da Vinci berada di Milan hingga kota itu diserbu Prancis pada 1499 dan keluarga Sforza terpaksa mengungsi.

Sebelum kembali ke Florensia, da Vinci mungkin telah mengunjungi Venesia. Selama di Florensia, ia melukis beberapa potret. Tapi hanya satu yang bertahan, yaitu Mona Lisa (1503-1506) yang terkenal.

Pada 1506, da Vinci kembali ke Milan dan tinggal di sana hingga 1513. Ia kemudian pindah ke Roma dan tinggal selama tiga tahun. Pada 1517, atas undangan Raja Prancis Francis I, Leonardo pindah ke Château of Cloux, dekat Amboise di Prancis hingga meninggal pada 2 Mei 1519.

Kombinasi seorang seniman dan insinyur menjadikan lukisan da Vinci sebagai karya ilmiah. Berdasarkan pemahaman yang mendalam tentang cara kerja tubuh manusia, fisika cahaya dan bayangan, ilm nya diungkapkan melalui seni. Gambar dan diagramnya menunjukkan apa yang da Vinci dimaksud dan bagaimana ia mengerti dunia bekerja.

Selanjutnya: Film Iron Man Dirilis

sumber : BBC/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement