Jumat 15 Jul 2016 07:49 WIB

Sejarah Hari Ini: Ford Kerjakan Pesanan Mobil Pertama

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Henry Ford
Foto: Bussinesinsider
Henry Ford

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 15 Juli 1903, perusahaan mobil  Ford Motor Company mengerjakan pesanan pertama dari dokter gigi Chicago, Ernst Pfenning. Mobil tersebut adalah mobil dua silinder Model A dengan jok belakang.

Nilainya sebesar 850 dolar AS. Mobil diproduksi di pabrik Ford di Jalan Mack (sekarang Mack Avenue) di Detroit. Pesanan kemudian diantarkan kepada Pfenning lebih dari sepekan kemudian.

 

Henry Ford membuat kendaraan bertenaga bensin pertamanya yang disebut Quadricycle dalam sebuah lokakarya di belakang rumahnya pada 1896. Saat itu ia bekerja sebagai insinyur kepala di pabrik utama perusahaan Edison Illuminating di Detroit.

Setelah usaha-usahanya sempat gagal untuk mendirikan sebuah perusahaan yang memproduksi mobil sebelum 1903, Ford mengumpulkan  kelompok12 pemegang saham, termasuk dirinya sendiri, untuk menandatangani surat-surat yang diperlukan guna membentuk perusahaan Ford (Ford Motor Company) pada pertengahan Juni 1903.

Salah satu investor perusahaan yang baru, Albert Strelow memiliki sebuah pabrik di Mack Avenue dan disewakan kepada Ford Motor. Di pabrik itulah, perakitan pertama Ford Model A terjadi dan diproduksi.

Kendaraan ini dirancang terutama oleh asisten Ford C Harold Wills. Model A bisa menampung dua orang berdampingan di kursi. Namun, mobil ini tak memiliki atap dan dicat merah.

Selanjutnya: Muslim Sreberenica Diusir Serbia Bosnia

 

 

 

 

 

 

sumber : History/BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement