Jumat 13 Oct 2017 13:45 WIB

Sejarah Hari Ini: Warga Palestina Pro Tentara Merah Bajak Pesawat Jerman

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Pembajakan pesawat (Ilustrasi)
Foto: http://germanmilitariacollectibles.com
Tentara SS Nazi dalam versi seragam hitam

Hari ini pada 1943, Italia menyatakan perang terhadap mantan sekutunya dalam Perang Dunia II, Nazi. Pernyataan perang dilakukan setelah Italia tak lagi dikuasai Benito Mussolini yang notabene rekan Adolf Hitler.

Mussolini digulingkan dari takhta kekuasaannya pada Juli 1943. Setelah pemimpin fasis itu tumbang, pemerintahan Italia diambil alih oleh Jenderal Pietro Badoglio atas permintaan Raja Victor Emmanuel.

Berada di tampuk kekuasaan, Badoglio segera berunding dengan pemimpin militer Amerika Serikat (AS) kala itu yakni Jenderal Eisenhower. Perundingan tersebut membahas penyerahan diri Italia kepada pihak sekutu. Kesepakatan ini tercapai pada 8 September dengan diizinkannya pasukan sekutu mendarat di Salerno, Italia selatan.

Dalam proses ini, Nazi tak tinggal diam. Hitler memerintahkan pasukannya menginvasi Italia. Pasukannya bahkan merangsek ke Roma dan mengakibatkan Jenderal Badoglio serta keluarga kerajaan melarikan diri ke Brindisi. Di sana, Jenderal Badoglio membentuk pemerintahan antifasis baru.

Pada 13 Oktober, Jenderal Badoglio menyatakan pasukannya akan bergabung bersama sekutu untuk menyingkirkan pasukan Nazi dari Roma. Kendati peperangan berlangsung alot, namun akhirnua Roma berhasil direbut kembali dari Nazi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement