Rabu 22 Nov 2017 12:12 WIB

Sejarah Hari Ini: John F Kennedy Tewas Ditembak Oswald

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ani Nursalikah
Presiden AS John F. Kennedy dan isterinya Jacqueline Kennedy
Foto: bestourism,com
Bendera Lebanon

22 November 1943 menjadi hari dimana Lebanon memperoleh kemerdekaan dari Prancis. Kedaulatan mutlak negara yang terletak di sepanjang Laut Tengah itu didapat setelah Perang Dunia pertama berakhir.

Saat itu, Prancis diberi mandat Liga Bangsa-Bangsa atas Lebanon dan tetangganya Suriah. Kedua negara tersebut sebelumnya telah menjadi unit politik tunggal dalam Kekaisaran Ottoman. Prancis kemudian membaginya pada tahun 1920 menjadi administrasi kolonial terpisah.

Setelah 20 tahun rezim mandat Prancis, kemerdekaan Libanon diproklamasikan pada 26 November 1941, namun kemerdekaan penuh datang secara bertahap. Berdasarkan kesepakatan antara perwakilan Lebanon dan Komite Nasional Perancis, sebagian besar kekuasaan yang dilakukan oleh Perancis dipindahkan ke pemerintah Libanon pada 1 Januari 1944.

Lebanon menganut sebuah sistem politik khusus, yang dikenal sebagai konfesionalisme. Sistem tersebut membagi-bagi kekuasaan semerata mungkin di antara aliran-aliran agama yang berbeda-beda di negara tersebut. Menurut Pakta Nasional, komunitas agama yang berbeda diwakili dalam pemerintahan oleh Maronite Kristen presiden, seorang Muslim perdana menteri Sunni dan pembicara majelis nasional Syiah.

Sebelum Perang Saudara pada 1975-1990, Lebanon menikmati ketenangan dan kemakmuran yang relatif, didorong oleh sektor pariwisata, pertanian, dan perbankan dalam ekonominya. Lebanon dianggap sebagai ibukota perbankan di dunia Arab dan umumnya dianggap sebagai "Swiss di Timur Tengah. Kekuatan finansial membuat Lebanon menarik wisatawan dan ibukotanya, Beirut dirujuk oleh banyak orang sebagai Parisnya Timur Tengah.

Selanjutnya: Mike Tyson Dapat Gelar Juara Tinju Termuda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement