Jumat, 12 Jumadil Awwal 1440 / 18 Januari 2019

Jumat, 12 Jumadil Awwal 1440 / 18 Januari 2019

Hari Ini 96 Tahun Lalu Uni Soviet Didirikan

Ahad 30 Des 2018 09:37 WIB

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Nidia Zuraya

Bendera Uni Soviet.

Bendera Uni Soviet.

Negara komunis ini didirikan dari puing-puing Kekaisaran Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, Sembilan puluh enam tahun yang lalu pada hari ini Uni Soviet didirikan. Setelah revolusi Rusia berakhir Uni Soviet akhirnya berdiri pada 30 Desember 1922. Republik Kesatuan itu terdiri dari Konfederasi Rusia, Belarusia, Ukraina dan Federasi Transkaukasia (Georgia, Azebaijan dan Armenia) yang akhirnya berpisah pada tahun 1936.

Negara komunis ini didirikan dari puing-puing Kekaisaran Rusia dan negara pertama yang berlandaskan sosialisme Marxis. Selama Revolusi Rusia pada tahun 1917 dan perang sipil Rusia selama tiga tahun partai Bolshevik yang dipimpin Vladimir Lenin menguasai Pasukan Soviet.

Pasukan Soviet ini koalisi dari buruh dan komite tentara yang dibentuk untuk mendirikan negara sosialis di atas Kekaisaran Rusia. Seluruh lapis pemerintahan Uni Soviet dikuasai Partai Komunis dan politbironya.

Membuat Sekretaris Jendral Partai Komunis sangat berkuasa. Seluruh industri di Uni Soviet dikuasai dan dikelola oleh pemerintah. Lahn pertanian di ambil negara dan rakyat bekerja di lahan milik pemerintah yang disebut lahan pertanian kolektif.

Pemerintahan Uni Soviet yang berpusat di Rusia berkembang menjadi salah satu negara adidaya dan paling berpengaruh di dunia. Uni Sovet sempat mencakup Rusia, Ukraina, Georgia, Belarusia, Uzbekistan, Armenia, Azerbaijan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Moldova, Turkmenistan, Tajikistan, Latvia, Lithuania dan Estonia sebelum akhirnya bubar pada tahun 1991 menyusul keruntuhan pemerintahan komunis.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES