Rabu 02 Jan 2013 23:19 WIB

Penasehat Presiden Mursi Mundur

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Karta Raharja Ucu
Presiden Mesir, Mohammed Mursi
Foto: REUTERS
Presiden Mesir, Mohammed Mursi

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Emad Abdel Ghafour, penasehat Presiden Mesir, Muhammad Mursi, meletakkan jabatan sebagai Pemimpin PArti Salafi, al-Nour.

Emad memilih mendirikan partai baru berdana al-Watan. Konflik di tubuh partai al-Nour berasal dari perbedaan pandangan antara Emad, dengan petinggi lainnya, Yasser el-Borhami.

Deklarasi Partai al-Watan tidak dilakukan Emad seorang. Pendiri al-Nour lainnya seperti Yosri Hammad ikut bergabung.

Mantan calon presiden Hazem Salah Abu Ismail, juga duduk dalam jajaran petinggi al-Watan. Ia mengatakan, lansekap politik baru akan menghiasi masa pemilihan parlemen perdana pascarevolusi.

Abu Ismail yang didiskualifikasi saat Pemilihan Presiden 2012 ini menyatakan, partai baru akan menutupi ketergantungan politik rakyat Mesir terhadap oposisi.

Abu Ismail tidak menyebutkan pendirian partai baru adalah akan menjadi oposisi bagi pemerintahan sekarang. "Kita tidak meninggalkan keyakinan, dan akan selalu mendorong keharmonisan juga kerjasama demi kebaikan negara dan mencegah perpecahan," kata dia.

Dijelaskannya, hanya dengan lima sampai 10 persen suara oposisi, hal tersebut tidak dapat diandalkan untuk menjadi oposan.

sumber : AP/Reuters/Ahram
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement