Sabtu 15 Jun 2013 12:08 WIB

Hassan Rohani Teratas di Hasil Sementara Piplres Iran

  Perempuan Iran  berada dalam TPS untuk memilih presiden Iran dan Dewan Kota di Teheran, Iran, Jumat (14/6).
Foto: AP/ Vahid Salemi
Perempuan Iran berada dalam TPS untuk memilih presiden Iran dan Dewan Kota di Teheran, Iran, Jumat (14/6).

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI--Hasil awal perhitungan suara pemilihan presiden Iran menunjukkan ulama moderat, Hassan Rohani berada di urutan teratas dalam memimpin perolehan suara. Pengumuman disampaikan  Menteri Dalam Negeri Iran Mohammad Najjar pada televisi pemerintah Sabtu (15/6) pagi.

Dari 826.649 suara sah yang diberikan pada 1.631 TPS di seluruh negeri, 401.949 memberi dukungan ke Rohani, dengan pesaing terdekatnya Wali Kota Teheran Mohammad Baqer Qalibaf meraih 126.896 suara, kata Mohammad Najjar.

Pemilihan presiden Iran untuk menggantikan Presiden Ahmadinejad dimulai pada Jumat dan sempat diundur beberapa jam. Pemilu itu diikuti oleh sekitar 50,1 juta pemilih.

Berbicara kepada para wartawan setelah memberikan suaranya untuk pemilihan presiden ke-11 dan dewan kota keempat, Larijani mengatakan "pemilu dan kehadiran rakyat" dalam pemilihan ini penting bagi dua pilar kekuatan negara.

Dia meminta presiden berikutnya untuk membantu memperbaiki situasi ekonomi saat ini di negara itu. Presiden berikutnya juga harus mendukung gerakan Kebangkitan Islam, kata Larijani.

Mengacu pada beberapa tekanan internasional pada negara, ia mengatakan negara-negara asing memiliki mata dalam hal kehadiran bangsa Iran dalam pemilu yang sedang berlangsung.

Partisipasi aktif dalam pemilu dapat membantu menciptakan suasana yang menguntungkan negara di arena internasional, kata Larijani.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement