Selasa 26 May 2015 01:46 WIB

Perang Suriah Sebabkan Risiko Penyebaran Penyakit Hewan Ternak Meningkat

Rep: c 38/ Red: Indah Wulandari
Peternak domba di Suriah
Foto: ifad.org
Peternak domba di Suriah

REPUBLIKA.CO.ID,LEBANON -- Perang di Suriah telah memaksa banyak orang untuk mencari keselamatan di Lebanon. Tetapi, kekhawatiran lain tentang hewan ternak yang dibawa oleh para pengungsi kini muncul.

“Sejak konflik telah mengganggu pengiriman vaksinasi hewan di Suriah, risiko penyakit yang disebabkan oleh hewan di perbatasan Suriah ke Libanon telah meningkat secara dramatis,” rilis Departemen Pertanian Lebanon yang dilansir dari Aljazirah, Senin (25/5).

Mereka mengatakan, sejumlah besar hewan tiba dari Suriah tanpa pemeriksaan kesehatan yang layak. Beberapa petani Lebanon telah melaporkan adanya penyakit baru selama dua tahun terakhir.

Penyakit yang paling umum menyerang kaki dan mulut sehingga menyebabkan borok. Tapi, penyakit menular baru yang menyebabkan kulit kasar juga menimbulkan kekhawatiran.

Peningkatan jumlah ternak diperkirakan telah terjadi sebanyak 60 persen di perbatasan Lebanon yang dekat dengan Suriah. Sementara, tercatat ada lebih dari 1,2 juta pengungsi Suriah yang terdaftar di Lebanon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement