Kamis 23 Nov 2017 05:59 WIB

'Tak Ada Hukuman Cukup Buat Jagal Muslim Bosnia'

Rep: Farah Noersativa/ Red: Teguh Firmansyah
Ratko Mladic tiba di pengadilan kejahatan perang.
Foto: AFP
Ratko Mladic tiba di pengadilan kejahatan perang.

REBRENICA, Bosnia - Muslim Bosnia yang kehilangan orang-orang terkasih dan yang selamat dalam pembantaian Srebrenica tahun 1995 menyebut tidak ada hukuman yang cukup bagi Ratko Mladic, beberapa jam setelah mantan komandan perang Serbia Bosnia dipenjara seumur hidup karena genosida.

Mladic, yang dijuluki "Jagal Bosnia", divonis oleh sebuah pengadilan PBB atas 10 tuduhan kejahatan perang, termasuk pengepungan Sarajev saat lebih dari 10.000 warga sipil tewas akibat serangan penembakan dan penembak jitu dan pengusiran ratusan ribu orang non-Serbia selama konflik 1992-1995.

"Adakah hukuman yang layak bagi seseorang yang melakukan begitu banyak kejahatan?" tanya Vasva Smajlovic, 74, merujuk pada pembantaian Srebrenica pada bulan Juli 1995.

Suami, menantu laki-laki, dan kerabat lain Smajlovic, termasuk di antara 11 ribu pria dan anak laki-laki Muslim yang dibawa pergi dan ditembak mati gaya eksekusi, setelah Mladic meyakinkan penjaga perdamaian PBB dan penduduk setempat bahwa tidak ada salahnya menjatuhkan mereka usai pasukan Serbia merebut kota tersebut.

"Saya mencoba menghitung kematian saya sepanjang waktu. Saya hitung sampai 50 dan kemudian saya tidak bisa menghitungnya lagi," kata Smajlovic sambil menangis sambil menonton siaran langsung putusan Mladic.

"Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan bagaimana perasaanku. Saya marah. Semua ini sudah terlambat," ujarnya, seperti dikutip Reuters.

Adik iparnya, Bida Smajlovic, merasa keadilan telah ada dengan adanya penghukuman Mladic, bahkan jika itu terjadi 22 tahun setelah perang.

"Tidak ada yang bisa mengimbangi rasa sakit kami, tapi hal ini penting, agar keadilan selesai," kata Bida Smajlovic, yang terakhir melihat suaminya saat dia mencoba melarikan diri dari Srebrenica melalui hutan pada bulan Juli 1995. Jenazah suaminya kemudian ditemukan di sebuah kuburan massal.

Pada 11 Juli 1995, pasukan ultra-nasionalis Mladic memisahkan laki-laki dan anak laki-laki dari perempuan. Lalu membawa mereka pergi ke bus, juga berjalan kaki untuk ditembak dalam beberapa hari. Peristiwa itu merupakan adegan kekejaman terburuk di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Poster Mladic

Putusan Rabu (22/11), kasus terakhir terakhir sebelum Pengadilan Pidana Internasional untuk mantan Yugoslavia (ICTY) setelah 24 tahun bekerja, menimbulkan ketegangan di wilayah yang masih trauma akan tragedi di Balkan tahun 1990-an.

Vojislav Seselj, pemimpin ultra-nasionalis Serbia yang dibebaskan oleh ICTY, menyebut keputusan tersebut "bersifat politis", yang ditujukan untuk melawan orang-orang Serbia yang berperang dalam perang.

Plakat potret Mladic yang memuat slogan "You're Our Hero", pada Rabu (22/11) terpajang di sisi bangunan di Srebrenica, yang sekarang merupakan kota etnis Serbia, dan Bratunac di dekatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement