Ahad 07 Jan 2018 01:24 WIB

Gempa Berkekuatan 5,1 Guncang Iran

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ratna Puspita
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, IRAN -- Media lokal Iran melaporkan sebuah gempa berkekuatan 5,1 SR mengguncang bagian barat provinsi Kermanshah dari negara tersebut. Kantor berita semi-resmi ISNA seperti yang dilansir dari Fox News, menyatakan gempa tersebut mengguncang kota Sarbi-e Zahab, Kurdi, yang berjarak 520 km dari sebelah barat Teheran pada Sabtu (6/1) waktu setempat.

Kedalaman gempa tersebut mencapai delapan kilometer. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban jiwa. Sebelumnya pada November silam, sebuah gempa berkekuatan 7,3 SR melanda Iran barat. Gempa tersebut menewaskan lebih dari 600 orang dan melukai lebih dari sembilan ribu orang. Setengah dari korban gempa berasal dari wilayah Sarpol-e Zahab.

Lokasi Iran sendiri berada dalam lokasi kesalahan seismik utama, di mana wilayahnya rata-rata mengalami gempa setiap harinya. Gempa berkekuatan 6,6 SR pernah terjadi dan meratakan kota bersejarah Bam di bagian selatan Iran. Gempa tersebut menewaskan 26 ribu orang pada 2003. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement