Senin 19 Feb 2018 19:57 WIB

Milisi ISIS Tewaskan 25 Petempur Irak

Belasan mayat ditemukan dengan banyak luka tembak.

Militan ISIS pamer senjata.
Foto: Reuters
Militan ISIS pamer senjata.

REPUBLIKA.CO.ID, KIRKUK -- Kelompok bersenjata ISIS menyergap iringan petempur pendukung pemerintah di dekat kota Kirkuk, kawasan utara Irak, pada Ahad malam (18/2) hingga menewaskan sedikit-dikitnya 25 orang, kata polisi dan komandan petempur pada Senin (19/2).

Sebelumnya, kepolisian dan komandan petempur mengatakan 12 orang tewas dalam pertempuran itu dan 10 orang hilang. Namun, mereka kemudian menemukan 13 mayat lain dengan banyak luka tembak di dekat tempat kejadian tersebut. ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Petugas keamanan mengatakan pasukan Irak mengejar anggota ISIS, yang menyamar dengan mengenakan seragam kepolisian saat melakukan sergapan terhadap petempur. Pada bulan ini, pemerintah Irak memulai operasi militer untuk mengonsolidasikan kekuasaan di daerah pegunungan di dekat kota Kirkuk yang kaya minyak. Daerah itu akan digunakan sebagai wilayah transit minyak Irak, namun kini menjadi rebutan antara dua kelompok bersenjata.

Irak pada Desember menyatakan kemenangan atas ISIS, yang sempat menguasai hampir sepertiga wilayah negara itu pada 2014. Namun, ISIS hingga kini mampu melakukan sejumlah serangan dan pengeboman di Baghdad dan beberapa kawasan lain di Irak.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement