Sabtu 23 Jun 2018 15:26 WIB

Oposisi Erdogan Lancarkan Kritik Saat Kampanye

Erdogan nikmati 181 jam waktu tayang di televisi, Ince hanya 15 jam dan Meral 3 jam

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Foto: PA-EFE/KAYHAN OZER
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Selama enam minggu terakhir, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menikmati 181 jam waktu tayang televisi nasional. Sementara kandidat presiden lainnya, Muharrem Ince diizinkan 15 jam, Meral Aksener tiga jam dan selebihnya satu jam atau kurang, menurut Supreme Board of Radio and Television.

Ince diketahui menjadi sasaran utama Erdogan oleh kampanye berita palsu dari para pendukung pemerintah. Namun Ince telah menangkis serangan itu dengan humor dan pesan penuh harapan dan telah mulai menarik banyak orang untuk menyamai pendukung Erdogan.

Namun tidak ada keraguan bahwa persona Erdogan telah mendominasi kampanye. Poster kampanyenya adalah yang terbesar dan paling banyak. Unjuk rasanya disiarkan langsung di hampir setiap saluran televisi. Dan suaranya terdengar di mana-mana.

Erdogan juga mengontrol semua alat kekuasaan, aturan dengan keputusan di bawah keadaan darurat dan dapat mengandalkan hakim dan pengawal presiden. Pegawai pemerintah diperintahkan untuk menghadiri rapat-rapat Erdogan, dan memberikannya suara mereka jika mereka menghargai pekerjaan mereka, kata para aktivis oposisi seperti dilansir di New York Times, Sabtu (23/6).

Selain itu wartawan di media, yang kebanyakan dimiliki oleh sekutu presiden, diberi panduan tentang apa yang harus ditulis. Meskipun demikian, tanda ketidakpuasan terlihat. Pendukung menyatakan cinta mereka untuk Erdogan, namun banyak yang mulai meninggalkan kampanye di tengah pidatonya yang panjang lebar.

Mantan sekutu Islam yang telah berbalik melawan presiden adalah yang paling vokal. Temel Karamollaoglu, pemimpin partai kecil, Partai Felicity, mengkritik Erdogan karena mengkhianati agamanya dengan membiarkan korupsi dan ketidakadilan menyerang pemerintahannya. Dia berencana menarik 2 hingga 3 persen dari pengikut agama Erdogan yang konservatif.

"Satu orang tidak dapat memiliki semua kekuatan," kata Karamollaoglu kepada para pendukung di kota Sakarya. "Anda tidak bisa mengharapkan keadilan dari hakim yang menerima pesanan dari atas."

Partai tersebut telah menghasilkan beberapa iklan kampanye yang paling mengejutkan, diedarkan di media sosial. Yang satu menampilkan pekerja di toko penjahit yang mengepak jaket kotak-kotak yang mirip dengan yang dipakai oleh Erdogan. Tanda di pintu bertuliskan: “Bos sudah gila. Obral diskon."

The Republican People’s Party, yang memiliki tradisi sekularisme yang panjang, telah menambahkan beberapa Islamis ke daftar partainya untuk membangun alternatif Islamis dari Partai AKP Erdogan.

Salah satu pendiri A.K.P. bersama Erdogan, mantan wakil perdana menteri, Abdullatif Sener, mencalonkan diri untuk Parlemen dalam daftar The Republican People’s Party, di kota Konya yang konservatif. Dia mengejutkan penduduk desa selama pertemuan di sebuah distrik pertanian dengan kritik keras terhadap Erdogan, yang tidak pernah terdengar di media arus utama.

"Jika Anda tidak dapat membeli makanan dan pakaian untuk diri sendiri, itu berarti ekonomi tidak tumbuh," katanya kepada mereka, membantah klaim pemerintah mengenai pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen.

Dia menuduh Erdogan mengabaikan pertanian Turki untuk menghasilkan uang dari transaksi impor bahan makanan. "Anda ingin mengolah tanah Anda tetapi pemerintah ini membuat kita sepenuhnya bergantung pada impor. Semua yang mereka pikirkan adalah mengobrak-abrik negara." kata Sener.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement