Senin 24 Sep 2018 12:16 WIB

Erdogan Tolak Anggap Oposisi Moderat Suriah Bagian Teroris

Erdogan menyarankan oposisi Suriah moderat menjadi bagian solusi politik di Idlib.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Foto: Presidential Press Service via AP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyarankan, oposisi Suriah moderat menjadi bagian dari solusi politik di Idlib. Turki memprioritaskan warga sipil dan mendukung zona deskalasi guna melindungi oposisi moderat sejak awal masalah Idlib.

"Mungkin ada pendekatan yang berbeda dari berbagai negara soal oposisi moderat, tapi kami berpikir bahwa oposisi moderat harus tetap dalam proses politik," ujar Presiden Erdogan seperti dikutip laman Anadolu Agency, Senin (25/9).

Baca juga, Erdogan Seru Putin Agar Hentikan Serangan di Idlib.

Menurutnya keterlibatan oposisi diperlukan guna melaksanakan agenda dalam pembicaraan PBB dan Astana dengan jalan yang sehat. Erdogan menegaskan, Turki menentang setiap upaya melemahkan oposisi moderat, termasuk upaya menganggap mereka bagian dari teroris.

"Kami telah berkerja selama bertahun-tahun menjaga perdamian di Suriah dan membantu jutaan warga sipil kembali ke rumah mereka meski ada taktik kotor dari rezim Bashar al-Assad," ujarnya.

Erdogan memuji kesepakatan Ankara dan Moskow di Sochi beberapa hari lalu guna menciptakan zona demiliterisasi di Idlib. Dia mengatakan, pasukan oposisi akan tinggal di daerah mereka serta bagi kelompok radikal tidak diizinkan beroperasi di wilayah tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement