Sabtu 13 Oct 2018 11:26 WIB

Menlu Turki Telepon Pompeo Setelah Pastor AS Dibebaskan

Hubungan Turki dan AS memanas karena kasus pastor Andrew Brunson.

Red: Nur Aini
pastor AS Andrew Craig Brunson
Foto: ABC
pastor AS Andrew Craig Brunson

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berbicara melalui telepon setelah pembebasan pastor AS Andrew Craig Brunson. Hal itu dikatakan salah satu sumber diplomatik Turki pada Jumat (12/10).

Pengadilan Turki menjatuhkan hukuman tiga tahun dan 45 hari atas pastor tersebut pada Jumat. Namun, dia tidak akan menjalani hukuman penjaranya. Pengadilan itu menghargai waktu yang dilaluinya di dalam tahanan, dan mengakhiri penahanan rumah dan larangan bepergiannya.

Baca Juga

Cavusoglu dan Pompeo mengadakan percakapan telepon setelah pembebasan pastor tersebut, kata sumber itu yang dilaporkan kantor berita Anadolu.

Pastor tersebut ditangkap pada 9 Desember 2016 dengan dakwaan menjadi anggota Organisasi Teroris Fetullah (FETO). Pada 25 Juli, dengan alasan masalah kesehatan Brunson, pengadilan Izmir memerintahkan dia dipindahkan dari penjara ke tahanan rumah.

Dakwaan terhadap Brunson meliputi kegiatan mata-mata buat PKK yang dimasukkan ke dalam daftar sebagai kelompok teroris oleh AS dan Turki dan FETO, kelompok di belakang upaya kudeta yang gagal di Turki pada Juli 2016.

Baca: Pastor Brunson Dibebaskan Setelah Picu Konflik Turki dan AS

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement