Kamis 18 Oct 2018 05:25 WIB

Kasus Khashoggii, Konsul Saudi di Istanbul Dibebastugaskan

Polisi Turki menggeledah kediaman Konsul Saudi di Istanbul.

Jamal Khashoggi
Foto: EPA-EFE/Ali Haider
Jamal Khashoggi

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Konsul Jenderal Saudi di Istanbul Mohammad al-Otaibi dilaporkan telah dibebastugaskan dari jabatannya selama proses investigasi hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi. Demikian dilaporkan oleh surat kabar Sabq mengutip pernyataan resmi pemerintah.

Sabq tidak menuliskan secara detil pelanggaran yang dilakukan oleh al-Otaibi. Sementara itu, polisi Turki telah di kediaman Otaibi di Istanbul pada Rabu (17/10) petang. Kehadiran investigator Turki ini merupakan bagian dari upaya mengungkap kasus Khashoggi.

Sebelumnya surat kabar Turki menerbitkan laporan terbaru terkait  dugaan pembunuhan wartawan Saudi, Jamal Khashoggi. Khashoggi hilang kontak setelah mendatangi  Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Saat itu, Khashoggi ingin mengurus dokumen pernikahannya.

Baca juga, Rekaman Ungkap Khashoggi Disiksa, Konjen Saudi Diancam.

Yeni Safak dalam laporannya pada Rabu (17/10), mengutip rekaman audio dari pembunuhan Khashoggi. Menurut media itu, kolumnis Washington Post tersebut disiksa sebelum kematiannya.

Surat kabar itu mengatakan suara Konsul Jenderal Saudi Mohammed al-Otaibi terdengar di rekaman itu. Ia menyuruh  pelaku yang diduga menyiksa Khashoogi untuk tidak melakukan tindakannya di gedung konsulat. "Lakukan ini di luar, Anda akan membuat saya mendapat masalah," katanya.

Salah satu warga Saudi yang diduga menyiksa Khashoggi menjawab perintah al-Otaibi dengan ancaman.  "Diam jika Anda ingin hidup ketika Anda kembali ke Saudi (Saudi)," katanya.  Otaibi telah balik ke Riyadh. Ia membantah mengetahui soal hilangnnya Khashoggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement