Ahad 18 Nov 2018 14:42 WIB

Kantongi Bukti Audio, Erdogan Tekan Muhammad bin Salman

Koran pro Turki Sabah merilis foto koper tim yang diduga pembunuh Khashoggi.

Rep: Haura Hafizhah / Red: Nashih Nashrullah
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Foto: AP Photo/Richard Drew
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL— Presiden Turki terus menekan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman (MBS). Bukti audio terkait pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi berisi rincian yang mengerikan tentang kejahatan itu. 

Intervensi terbaru Erdogan datang ketika New York Times melaporkan bahwa seorang anggota tim Saudi yang dikirim ke Istanbul untuk membunuh Khashoggi mengatakan kepada salah satu atasannya melalui telepon untuk "memberitahukan kepada bos Anda" operasi telah selesai, referensi yang jelas untuk Pangeran Mohammed, dan surat kabar Turki menerbitkan gambar x-ray dari koper tim, yang termasuk defibrillator dan semprit.

Mengutip The Gurdian, Erdogan mengatakan Turki “menunggu dengan sabar” untuk  Pangeran Mohammed, pemimpin de facto Saudi Arabia, untuk menjelaskan lebih lanjut tentang keadaan di sekitar kematian Khashoggi. 

Kematian Khashoggi telah menciptakan krisis diplomatik terbesar bagi Riyadh sejak 9/11, menyalakan kembali perdebatan tentang penjualan senjata ke negara itu, catatan hak asasi manusianya dan perang di Yaman. Tetapi hanya ada sedikit tindakan konkret yang diambil oleh kekuatan Barat sejauh ini.  

Pada Selasa, surat kabar pro-pemerintah Turki Sabah menerbitkan foto-foto dari apa yang dikatakannya adalah sinar-X dari koper tim Saudi ketika mereka meninggalkan Istanbul melalui bandara Atatürk.

Mereka menunjukkan jarum suntik, perangkat kejut listrik, gunting besar, senjata stapler, walkie-talkie, dan jammer sinyal. Tas-tas itu tidak digeledah karena orang-orang itu bepergian di bawah kekebalan diplomatik.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement