Rabu 12 Dec 2018 18:40 WIB

Hamparan Hijau Indah ini Bukan di Eropa, Melainkan Makkah!

Hujan yang mengguyur Kota Makkah memicu tanah subur bagi tanaman.

Tampak hamparan hijau di perbukitan Makkah
Foto: Alarabiya
Tampak hamparan hijau di perbukitan Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH— Pemandangan langka muncul secara alami di Kota Makkah berkat hujan yang mengguyur kota ini dan sejumlah wilayah Arab Saudi selama musim semi tahun ini. 

Air hujan telah menjadikan beberapa bukit dan lembah di Saudi menjadi lahan subur dan ditumbuhi tanaman-tanaman liar nan hijau. Syahdan, pegunungan yang biasanya tampak kering kerontang menjelma bak padang rumput yang sedap dipandang. 

Pemandangan ini tak dilewatkan warga Saudi. Bahkan mereka membuat hastag khusus berbahasa Arab dengan nama YangLainDariMusimSemiMakkah#. Para warga net pun dengan suka rela saling berbagi hasil jepretan atau rekaman video mereka di hastag tersebut. 

photo
Bukit yang semula cadas di Makkah menjelma subur.

Kepada Alarabiya.net, pakar cuaca Rajis al-Khudhari dari Universitas Emir Satam mengatakan, curah hujan semacam ini adalah barang langka dan sangat bersejarah di kawasan Hijaz (sekitar Makkah dan Madinah). 

Curah hujan hingga 300 milimeter pernah terjadi pada 1996 lalu. Jumlah yang sama juga terjadi pada tahun ini. “Saya tak mau ketinggalan momentum bersejarah ini, dan saya pun bergegas mendokumentasikan peristiwa ini,” kata dia.    

Sebelumnya, pemandangan alam nan eksotik juga tampak di Madinah berkat guyuran hujan. Mengutip Alarabiya, air hujan yang cukup deras mengguyur Madinah, melewati rute-rute lembah-lembah berbatuan seperti yang tampak di Lembah al-Aqiq, lembah yang paling terkenal dan terbesar di Madinah. 

photo
Dari kejauhan kesan lembah-lembah di sekitar Makkah seperti di Eropa

Air hujan yang cukup deras itu lalu mengalir ke arah utara melewati lembah-lembah di tengah Madinah. Air hujan itu juga tampak mengalir deras di Lembah Malal, barat Madinah, melewati jalan tol Yanbu’.

Demikian juga, air tersebut mengalir deras di Lembah al-Mulailih, utara Madinah dan Lembah an-Nakhil timur Madinah, serta Lembah al-Far’u di sisi selatan. 

Pola cuaca yang tidak stabil masih terus berlangsung di sebagian besar wilayah Arab Saudi. Hujan ringan hingga sedang masih terjadi di beberapa bagian kota Jeddah dan bagian lainnya di wilayah Barat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement