Kamis 10 Jan 2019 16:52 WIB

Menhan Turki dan Rusia Bahas Kondisi Idlib

Turki dan Rusia sepakat membentuk zona demiliterisasi.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Serangan udara dilancarkan di sekitar Idlib Suriah
Foto: Syrian Civil Defense White Helmets via AP
Serangan udara dilancarkan di sekitar Idlib Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar membahas keamanan regional dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu melalui sambungan telepon pada Rabu (9/1) waktu setempat. Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Turki yang dikutip Anadolu Agency, perkembangan terbaru di Idlib dibahas dalam konteks perjanjian Sochi.

Setelah pertemuan pada 17 September 2018 di kota Sochi tahun lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin sepakat untuk membentuk zona demiliterisasi di Provinsi Idlib Suriah.

Baca juga, Putin: Tak Ada Aksi Militer Besar di Idlib.

Menurut ketentuan kesepakatan tersebut, kelompok oposisi di Idlib akan tetap berada di daerah di mana mereka hadir. Sementara Rusia dan Turki akan melakukan patroli bersama di daerah tersebut dengan tujuan mencegah pertempuran.

Pada 10 Oktober, Kementerian Pertahanan Turki mengumumkan bahwa oposisi Suriah dan kelompok anti-rezim lainnya telah menyelesaikan penarikan senjata berat dari zona demiliterisasi.

Konfik di Suriah telah berlangsung sejak 2011 lalu. Jutaan orang mengungsi dan ratusan ribu orang tewas dalam pertempuran. Perang melibatnyak banyak negara dari mulai Iran hingga AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement