Jumat, 15 Rajab 1440 / 22 Maret 2019

Jumat, 15 Rajab 1440 / 22 Maret 2019

Hadiri KTM ke-46 OKI, ini Tiga Isu yang akan Jadi Fokus RI

Kamis 21 Feb 2019 23:52 WIB

Red: Nashih Nashrullah

logo-OKI

logo-OKI

Ada sekitar 130 resolusi yang akan disahkan dalam KTM ke-46 OKI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan menghadiri Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ke-46 Organisasi Kerja sama Islam (OKI) di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab pada 1-2 Maret 2019.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir dalam "press briefing" di Jakarta, Kamis.

Baca Juga

KTM ke-46 OKI mengusung tema "50 Tahun Peta Jalan Menuju Kerja Sama Islam untuk Kemakmuran dan Pembangunan" (50 Years of Islamic Cooperation Road Map for Prosperity and Development).

Arrmanatha menyebutkan pertemuan tingkat menteri OKI itu akan menghasilkan satu deklarasi yang berisi komitmen politis negara-negara anggota OKI untuk isu-isu yang terkait dengan tema pertemuan tersebut.

Selain deklarasi, menurut dia, akan ada sekitar 130 resolusi yang akan disahkan dalam KTM ke-46 OKI, yang antara lain meliputi resolusi terkait kerja sama di bidang keuangan, politik, dan isu Palestina.

Selanjutnya, ada beberapa isu yang akan menjadi perhatian dan dibahas dalam KTM ke-46 OKI, antara lain mengenai kemajuan proses perdamaian Palestina-Israel, upaya internasional untuk pemberantasan terorisme, kerja sama ekonomi.

Arrmanatha, untuk Indonesia, beberapa isu yang menjadi perhatian adalah mendorong kerja sama OKI di bidang ekonomi dan IPTEK. Indonesia juga akan mendorong kerja sama dan dukungan dari OKI untuk 'global compact on safe and orderly migration' (persetujuan global tentang migrasi yang aman dan tertib). 

Selain itu, pemerintah Indonesia akan memanfaatkan kesempatan di KTM OKI itu untuk menggalang dukungan bagi pencalonan Indonesia untuk keanggotaan Dewan HAM PBB periode 2020-2022.   

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA