Senin 04 Feb 2013 06:18 WIB

Presiden Iran Hadiri KTT OKI di Kairo

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad
Foto: Reuters/Murdani Usman
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Kepala Perwakilan Kemaslahatan Iran di Kairo Mojtabi Amani mengatakan Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Kairo.

"Sesuai agenda, Presiden (Ahmadinejad) akan tiba di Kairo pada Selasa (5/2)," kata Amani kepada wartawan di sela Pertemuan Tingkat Pejabat Senior (Senior Officials' Meeting/SOM), Ahad petang.

Disebutkan, kehadiran Presiden Ahmadijenad itu atas undangan Presiden Mesir Mohamed Moursi.

Ini merupakan kunjungan balasan setelah Presiden Moursi menghadiri KTT Non Blok di Teheran pada Agustus tahun lalu.

Selama di Kairo, selain menghadiri KTT OKI, Presiden juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Moursi dan sejumlah kepala negara sahabat Iran di sela perhelatan akbar organisasi beranggotakan 56 negara tersebut.

Kehadiran Ahmadinejad tercatat sebagai presiden Iran pertama mengunjungi Mesir sejak Iran memutuskan hubungan diplomatik pada 1980 sebagai protes atas perjanjian perdamaian Mesir dengan Israel.

Iran menilai perjanjian perdamaian tersebut mengkhianati bangsa Palestina yang bakal tetap dijajah oleh Israel.

Setelah tumbangnya rezim Presiden Hosni Mubarak, Kairo dan Teheran secara intensif melakukan kontak diplomatik dengan saling kunjung antar pejabat kedua negara dalam upaya menormalisasi kembali hubungan diplomatik.

Pada bulan lalu, Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi berkunjung ke Mesir dan bertemu dengan Presiden Moursi.

Dalam kesempatan pertemuan dengan Menlu Salehi tersebut, Presiden Moursi menyampaikan undangan KTT OKI kepada Presiden Ahmadinejad.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement