Selasa 14 Oct 2014 08:33 WIB

Duh, Kota Hit di Irak Jatuh ke Tangan ISIS

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Damanhuri Zuhri
Milisi ISIS di Irak.
Foto: www.lobelog.com
Milisi ISIS di Irak.

REPUBLIKA.CO.ID, ANBAR -- Sumber Keamanan menyebutkan ISIS telah mengendalikan kota Hit di provinsi Anbar. Kota Hit dikendalikan oleh ISIS setelah militer Irak menarik pasukannya dari pangkalan terakhirnya di Hit.

Ratusan pasukan ditarik dari pangkalan dan dikirim untuk melindungi pangkalan udara Asad. "Para pemimpin militer kami berpendapat pasukan militer akan lebih bagus dikerahkan untuk mempertahankan pangkalan udara Asad. Kota Hit kini 100 persen dikendalikan ISIS," kata seorang kolonel kepolisian di Ramadi, dikutip dari Aljazeera.

Asad yang berada di barat laut Hit merupakan wilayah yang masih dikendalikan oleh pemerintah. Kota ini dikelilingi oleh gurun.

Pejabat keamanan lainnya mengatakan pesawat militer telah menjemput pejabat senior di Hit dan sebagian dari para pasukan tersebut dikerahkan ke Asad.

Sementara itu, seorang pejabat Irak dan milisi Sunni mengatakan ISIS berhasil merampas tiga kendaraan militer lapis baja dan lima tank.

Pasukan pemerintah telah mengalami beberapa kali kekalahan di Anbar dalam beberapa pekan terakhir ini. Hingga kini, akibat krisis di Irak, terdapat 180 ribu warga mengungsi dari Hit.

sumber : Aljazeera
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement