Selasa 07 Apr 2015 18:41 WIB

Palang Merah Berupaya Terbangkan Bantuan ke Yaman

Komite Palang Merah Internasional (ICRC)
Foto: AP
Komite Palang Merah Internasional (ICRC)

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Komite Internasional Palang Merah (ICRC) berupaya menerbangkan dua pesawat membawa 48 ton obat-obatan dan bantuan lain ke Yaman dalam dua hari ke depan.

Dilansir Reuters, Selasa (7/4) juru bicara ICRC Marie Claire Feghali mengatakan lembaga itu akan menerbangkan pesawat pertama, yang memuat 16 ton bantuan kesehatan, dari Yordania menuju Yaman pada Rabu esok.

Pesawat kedua, yang membawa bantuan kesehatan dan peralatan lain, termasuk tenda dan alat pembangkit listrik, sedang disiapkan di Jenewa dan akan terbang ke Yaman pada Kamis.

Kedua penerbangan tersebut telah mendapat izin sekutu pimpinan Arab Saudi. Feghali mengatakan Palang Merah masih berusaha untuk mendapatkan izin untuk perahu yang membawa tim ahli bedah dari ICRC dan kelompok bantuan medis Medecins Sans Frontieres ke Aden dari Djibouti.

Kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran menguasai ibu kota Yaman dan melancarkan serangan di selatan kota Aden sejak Maret. Ratusan orang telah tewas dan puluhan ribu orang mengungsi dalam pertempuran berminggu-minggu di Yaman. Badan anak-anak PBB UNICEF mengatakan pada Senin bahwa konflik tersebut mendorong Yaman menuju ke bencana kemanusiaan.

Pengiriman bantuan telah berulang kali berupaya dilakukan seiring perundingan izin antara ICRC dan koalisi Arab Saudi yang telah melancarkan serangan udara pada kelompok Houthi selama hampir dua minggu. Sekaligus berjuang untuk memungkinkan pesawat untuk terbang ke Yaman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement