Thursday, 18 Ramadhan 1440 / 23 May 2019

Thursday, 18 Ramadhan 1440 / 23 May 2019

Awal Juli, Boko Haram Bunuh 140 Orang Lebih

Jumat 10 Jul 2015 07:12 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Karta Raharja Ucu

Militan Boko Haram memamerkan senjatanya.

Militan Boko Haram memamerkan senjatanya.

Foto: Worldbulletin.net

REPUBLIKA.CO.ID, BORNO -- Kelompok Boko Haram membunuh lebih dari 140 orang dalam tiga serangan terpisah ke sejumlah masjid dan desa di negara bagian Borno, sebelah timur Laut Nigeria. Seorang pejabat pemeritah mengatakan, sejumlah masjid di Kota Kukawa pun diserang pada awal Juli lalu.

Akibatnya, 97 orang yang terdiri dari pria, wanita, dan anak kecil menjadi korban. Dua desa lain juga diserang, korbannya kembali anak-anak serta perempuan.

Dilansir Al Jazirah, Jumat (10/7), seorang pelaku serangan bunuh diri meledakkan pos pemeriksaan militer dekat Maiduguri, sehingga menewaskan sekitar empat orang pada 2 Juli lalu. Reporter Al Jazirah yang melaporkan dari Abuja menambahkan, serangan selama 72 jam di Borno, paling parah terjadi di Kukawa.

Para pejabat mengatakan, saat segerombolan orang bersenjata menyerang, masyarakat Kukawa tengah di beberapa masjid. Mereka sedang salat menjelang buka puasa.

"Kami diberitahu kalau anggota Boko Haram tiba dengan tujuh mobil dan sembilan motor di kota sebelum melancarkan serangannya. Ada lebih dari 1.000 tentara Nigeria di Kanwa, sekitar 11 km jauhnya, tapi mereka tak datang untuk menolong," ujar koresponden Al Jazirah.

Para pejabat di Kukawa menyebutkan, para anggota Boko Haram itu lalu menerobos dan memasuki banyak rumah penduduk. Mereka bahkan membunuh para wanita serta anak-anak yang tengah mempersiapkan makan malam.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA