Kamis 03 Mar 2016 19:19 WIB

13 Orang Tewas dalam Bentrokan Pasukan Turki-Kurdi

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Teguh Firmansyah
Militan Kurdi yang terus berupaya melawan militer Turki.
Foto: Rand.org
Militan Kurdi yang terus berupaya melawan militer Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, DIYARBAKIR --Tiga tentara Turki dan 10 militan Kurdi tewas dalam dua bentrokan di Turki tenggara. Mereka merupakan korban terbaru dalam konflik yang kembali pecah sejak runtuhnya gencatan senjata musim panas lalu.

Di distrik Dargecit provinsi Mardin, dekat perbatasan Suriah, tiga tentara dan delapan militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) tewas, Rabu (2/3).

Dua militan PKK tewas di Distrik Sur, Diyarbakir. Di sana polisi pada Rabu lalu menembakkan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan ratusan orang. Mereka melakukan protes operasi keamanan.

Kurdi terutama di tenggara telah menderita kekerasan terburuk dalam dua dekade sejak gencatan senjata yang runtuh Juli lalu. Runtuhnya gencatan senjata meningalkan proses perdamaian tiga tahun antara Ankara dan PKK compang-camping.

Ratusan miitan, anggota pasukan keamanan dan warga sipil telah tewas dalam konflik sejak saat itu.

PKK yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa meluncurkan pemberontakan bersenjata melawan Turki lebih dari tiga dekade silam. Lebih dari 40 ribu orang telah tewas dalam konflik antara PKK dan pemerintah Turki.

Baca juga, Pesawat Turki Bombardir Kamp Militan Kurdi.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement