Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

10 Ribu Langkah Kemerdekaan RI di Negeri Dua Sungai Nil

Senin 21 Aug 2017 20:12 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Peserta 10 Ribu langkah kemerdekaan di Kota Khartoum, Sudan.

Peserta 10 Ribu langkah kemerdekaan di Kota Khartoum, Sudan.

Foto: PPI Sudan

REPUBLIKA.CO.ID, KHARTHOUM -- Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Sudan bersama KBRI Khartoum menggelar jalan sehat bertajuk 10 ribu langkah kemerdekaan. Kegiatan itu merupakan puncak dari rangkaian kegiatan semarak HUT ke-72 RI yang digelar dari 12-19 Agustus.

Acara dibuka secara langsung Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritrea, Burhanuddin Badruzzaman, Sabtu (19/8) pukul 08.30 waktu setempat. Dalam sambutannya Burhanuddin mengaku sangat bahagia dan bangga atas terselenggaranya kegiatan ini. Apalagi kegiatan ini kali pertama selama dia bertugas di Negeri Dua Sungai Nil tersebut.

"Saya berharap kegiatan semacam ini dapat terus kita tradisikan sebagai media untuk memperkokoh nasionalisme kita terhadap bangsa kita dan juga sebagai media untuk memperkokoh silaturahim di antara kita sebagai warga negara Indonesia di Sudan. Semoga walaupun sempat diguyur hujan inilah bukti semangat kita untuk terus mempertahankan dan menyebarkan spirit kemerdekaan Indonesia kepada masyarakat di sekitar kita," kata Burhanuddin dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (21/8).

Meski hujan sempat mengguyur Kota Khartoum, tetapi tidak mengurangi antusiasme rakyat Indonesia yang tinggal di Sudan. Burhanuddin melepas rombongan peserta dari garis start di Green Yard. Bersama Sekjen Dewan Persahabatan Indonesia Sudan lalu menanti para peserta di garis finish sembari mengucapkan HUT ke-72 RI.

Wakil Ketua PPI Sudan, Muhammad Ruhiyat Haririe, gembira atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang ikut menyemarakkan kegiatan perayaan HUT RI tahun ini.

"Terima kasih kepada seluruh penyelenggara terutama panitia Nusantara Games 2017 serta KBRI Khartoum yang terus bekerja keras untuk mewujudkan acara ini. Terima kasih pula yang tak terhingga kepada para donatur yang terus mensupport acara ini. Semoga kedepannya PPI Sudan mampu mnyelenggarakan event-event yang menarik, kreatif dan inovatif," ujar dia.

(Baca Juga: Ratusan WNI di Khartoum Rayakan Hari Kemerdekaan Ke-72 RI)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA