Selasa 26 Feb 2019 20:35 WIB

PBB Targetkan 4 Miliar dolar AS untuk Bantu Warga Yaman

Pengumpulan bantuan ini akan menjadi fokus pembahasan di konferensi Jenewa.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Teguh Firmansyah
Salah satu sudut kota di Yaman yang hancur akibat perang.
Foto: Reuters
Salah satu sudut kota di Yaman yang hancur akibat perang.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menargetkan  mengumpulkan lebih dari 4 miliar dolar AS untuk membantu meringankan penderitaan dan kelaparan yang disebabkan oleh perang saudara Yaman.

Namun terkumpulnya target dana ini akan tergantung pada tiga negara yang terlibat dalam konflik di Yaman yakni  Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan AS.

Baca Juga

Seperti dilansir the Guardian, Selasa (26/2), target pengumpulan 4,2 miliar dolar AS ini akan menjadi fokus dari konferensi di Jenewa.

Menurut PBB, sekitar 20 juta orang membutuhkan bantuan di Yaman, termasuk hampir 10 juta di antarnya yang selangkah lagi menuju kelaparan. Sementara 240 ribu orang menghadapi bencana kelaparan. .

“Di antara banyak tantangan yang dihadapi operasi bantuan, pendanaan dengan cepat menjadi yang terbesar," kata Mark Lowcock, koordinator PBB untuk bantuan kemanusiaan.

Departemen Pembangunan Internasional Inggris (DfID) mengumumkan pada akhir pekan bahwa pihaknya akan memberikan bantuan 200 juta poundsterling pada 2019. Hal itu menjadikan total sumbangan bantuan mereka menjadi 800 juta poundsterling sejak perang saudara dimulai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement