Rabu 27 Feb 2019 12:05 WIB

Sumber: Kesepakatan dengan ISIS, AS Angkut Berton-ton Emas

Total emas yang diambil tentara AS disebut mencapai 50 ton.

Pasukan militer AS di Suriah
Foto: VOA
Pasukan militer AS di Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, DEIR EZ ZOUR -- Beredar kabar terjadi kesepakatan antara AS dan ISIS. Lewat kesepakatan itu  Washington meraup berton-ton emas yang telah dicuri oleh organisasi teror itu sebagai imbalan bagi disediakannya jalan aman buat anggota dan pemimpin Da'esh dari Deir Ez-Zour.

Keterangan dari beberapa sumber lokal mengatakan helikopter militer AS sudah mengangkut emas batangan di tengah kegelapan pada Ahad, sebelum mengangkutnya ke Amerika Serikat.  Demikian dilaporkan Kantor Berita Suriah, SANA, Rabu (27/2).

Baca Juga

Sumber tersebut mengatakan, puluhan ton emas yang telah disimpan oleh gerilyawan Da'esh (ISIS) di kubu terakhir mereka di Daerah Al-Baghouz di pinggiran Deir Ez-Zour telah diserahkan kepada tentara Amerika.  AS juga juga mengangkut berton-ton emas dari persembunyian lain Da'esh.

Dengan demikian, seluruh jumlah emas yang dibawa oleh tentara Amerika ke AS berjumlah sebanyak 50 ton. AS hanya menyisakan sedikit buat anggota milisi SDF yang membantu melawan ISIS.

Belum lama ini, beberapa sumber mengatakan, daerah tempat anggota dan pemimpin ISIS berlindung berisi sebanyak 40 ton emas dan puluhan juta dolar AS. Berton-ton emas itu dicuri dari berbagai daerah di Suriah dan Irak oleh organisasi teror itu.

Menurut perhitungan saksi mata, helikopter militer AS mengangkut banyak kotak besar yang dipenuhi "barang jarahan" Da'esh, terutama emas, dari Daerah Ad-Dashisha di pinggir selatan Hasaka.

Belum ada konfirmasi dari otoritasi AS ihwal kabar tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement