Selasa 05 Mar 2019 17:05 WIB

Iran Usir Dua Diplomat Belanda

Pengusiran ini merupakan balasan atas sikap Belanda.

Iran
Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Kementerian Luar Negeri Iran pada Senin (4/3) mengonfirmasi bahwa Republik Islam Iran telah mengusir dua diplomat Belanda. 

Aksi itu merupakan pembalasan sehubungan dengan pengusiran dua diplomat Iran oleh Belanda belum lama ini. Belanda menuduh Iran merencanakan pembunuhan pesaing-pesaingnya di tanah Belanda.

Baca Juga

Pada Senin (4/3), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qasemi menolak tuduhan bahwa Iran berada di belakang pembunuhan politik di Belanda. Iran menyebut tuduhan itu tidak berdasar.

"Setelah tindakan oleh negara-negara Eropa itu, Iran memutuskan untuk melakukan pembalasan," kata Qasemi, sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Iran, IRNA, Selasa.

Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok mengatakan, Belanda menarik duta besarnya untuk Iran guna berkonsultasi, setelah pengusiran diplomatnya. 

Tuduhan terhadap Iran tersebut telah memicu sanksi baru Uni Eropa atas Republik Islam Iran. Belanda menuduh Iran merencanakan pembunuhan pesaing-pesaingnya di tanah Belanda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement