Selasa 23 Apr 2019 13:32 WIB

Jepang Cari Cara Atasi Dampak Sanksi AS ke Iran

AS menghentikan keringanan yang diberikan kepada importir minyak Iran.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Minyak Iran/ilustrasi
Foto: uskowioniran.com
Minyak Iran/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Menteri Perdagangan dan Industri Jepang Hiroshige Seko mengatakan negaranya akan menekan dampak keputusan Amerika Serikat (AS) untuk tidak memperpanjang keringanan yang diberikan kepada importir minyak Iran. Belum diketahui bagaimana cara Jepang mengatasi persoalan tersebut.

"Kami akan memperhatikan dengan cermat pasar minyak internasional dan bertukar pandangan dengan perusahaan Jepang yang terlibat dalam impor minyak mentah dan mungkin akan mengambil langkah yang dibutuhkan," kata Seko, Selasa (23/4). 

Baca Juga

Pada Senin (22/4) kemarin, AS meminta seluruh pembeli minyak Iran untuk menghentikan aktivitasnya per 1 Mei atau mereka akan mendapatkan sanksi. Langkah itu untuk menghambat pendapatan minyak Iran dan menaikkan harga minyak dunia. 

Jepang merupakan salah satu negara yang sebelumnya mendapat keringanan membeli minyak Iran. Seko mengatakan Jepang, konsumen minyak terbesar nomor empat di dunia telah mengurangi ketergantungan pasokan minyak Iran. Ia menambahkan kini Iran hanya menyumbang 3 persen dari total pembelian minyak Jepang.    

Amerika Serikat kembali memberlakukan sanksi ekspor minyak Iran pada November tahun lalu. Setelah Presiden AS Donald Trump menarik negaranya dari kesepakatan nuklir Iran 2015. Kesepakatan yang ditanda tangani Iran dan enam kekuatan global. 

Delapan negara termasuk Cina, India, dan Jepang mendapatkan keringanan untuk membeli minyak Iran selama enam bulan. Sebelumnya, mereka berharap keringanan itu diperpanjang. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement