Selasa, 16 Ramadhan 1440 / 21 Mei 2019

Selasa, 16 Ramadhan 1440 / 21 Mei 2019

Trump: AS Belum Berencana Kirim Tentara Terkait Iran

Rabu 15 Mei 2019 02:40 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Agung Sasongko

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump

Foto: AP Photo/Susan Walsh
Ketegangan antara kedua negara kembali muncul setelah empat kapal tanker rusak di UEA

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membantah pemberitaan bahwa AS akan mengirimkan 120 ribu tentara ke Timur Tengah untuk menyerang Iran. Namun, menurut Trump, kemungkinan AS mengirim tentara ke negara lain di masa depan tetap mungkin terjadi.

"Akankah saya melakukannya? Tentu saja. Namun, saat ini kami belum memiliki rencana untuk melakukan hal itu," kata Trump kepada wartawan, dilansir di USA Today, Selasa (14/5).

Baca Juga

Trump melanjutkan, AS bisa jadi mengirimkan lebih banyak tentara daripada jumlah yang dilaporkan tersebut apabila Iran mengganggu negaranya. "Semoga kami tidak perlu melakukan hal tersebut. Kalau seandainya kami melakukannya, kami akan mengirimkan lebih banyak tentara daripada jumlah itu," kata Trump.

Ketegangan antara kedua negara kembali muncul setelah empat kapal tanker rusak di Uni Emirat Arab (UEA) pada Ahad (12/5) lalu. Peneliti AS percaya Iran atau kelompok yang didukungnya terlibat. Namun mereka tidak bisa memberikan bukti keterlibatan Iran.

Terkait hal tersebut, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menegaskan pihaknya tidak menginginkan peperangan dengan Iran. Namun, Pompeo terus menekan Iran agar berperilaku seperti negara yang 'normal'.

"Kami juga sudah memperjelas kepada Iran, apabila kepentingan AS diserang, kami pasti akan merespons dengan cara yang tepat," kata Pompeo.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA