Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Khamenei: Tidak akan Ada Perang dengan AS

Rabu 15 May 2019 09:43 WIB

Red: Ani Nursalikah

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei

Foto: AP
Khamenei menegaskan tidak akan menggelar perundingan kesepakatan nuklir dengan AS.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan tidak ingin berperang dengan Amerika Serikat (AS) meski ketegangan antara dua musuh bubuyutan atas kemampuan nuklir Iran dan program rudal miliknya meningkat.

Dalam pernyataan ke sejumlah pejabat senior yang disiarkan melalui stasiun TV pemerintah, Khamenei kembali menegaskan Republik Islam tidak akan menggelar perundingan kesepakatan nuklir lainnya dengan Amerika Serikat. "Tidak akan terjadi perang. Negara Iran memilih jalur perlawanan," kata Khamenei, dilansir media negara tersebut, Selasa (15/5).

Baca Juga

Ia menambahkan Iran tidak ingin perang, dan AS pun demikian. "Mereka tahu itu bukan kepentingannya," katanya.

Presiden Donald Trump tahun lalu menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan kekuatan dunia. Iran diminta untuk mengekang kapasitas pengayaan uranium, yang digunakan untuk membuat bom nuklir, dengan imbalan pelonggaran sanksi terhadapnya.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menegaskan pihaknya tidak menginginkan peperangan dengan Iran. Namun, Pompeo terus menekan Iran agar berperilaku seperti negara yang 'normal'."Kami juga sudah memperjelas kepada Iran, apabila kepentingan AS diserang, kami pasti akan merespons dengan cara yang tepat," kata Pompeo.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA