Rabu, 21 Zulqaidah 1440 / 24 Juli 2019

Rabu, 21 Zulqaidah 1440 / 24 Juli 2019

Trump: Iran Buat Kesalahan Besar karena Menembak Drone AS

Kamis 20 Jun 2019 23:31 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump

Foto: AP Photo/Susan Walsh
Presiden AS lewat akun twitter menyebut Iran telah membuat kesalahan besar

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden AS Donald Trump menyatakan Iran membuat kesalahan besar setelah mengatakan telah menembak jatuh pesawat tak berawak atau drone milik militer AS. "Iran membuat kesalahan yang sangat besar!," kata Trump dalam akun resmi Twitter-nya, dilansir dari Anadolu Agency, Kamis (20/6).

Pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) pada Kamis (20/6) dilaporkan telah menembak jatuh drone milik AS, RQ-4 Global Hawk di wilayah udara Iran. Hal ini kemudian dikonfirmasi oleh seorang pejabat AS bahwa pesawat tak berawak AS yang digunakan untuk pengawasan, ditembak jatuh oleh rudal Iran.

Baca Juga

Meski begitu, pihak AS mengklaim drone tersebut terbang di wilayah udara internasional di atas Selat Hormuz, dan bukan di atas wilayah udara Iran. Konfirmasi itu muncul di tengah meningkatnya permusuhan di wilayah Teluk antara AS dan Iran.

"Tidak ada pesawat AS yang beroperasi di wilayah udara Iran hari ini," ujar juru bicara Komando Pusat Militer AS, Bill Urban.

Namun, Kementerian Luar Negeri Iran menyebutkan, pesawat tanpa awak AS itu telah melakukan pelanggaran karena berada di wilayah udara Iran. Pihak Iran memperingatkan konsekuensi dari tindakan provokatif seperti itu.

Juru Bicara Kemenlu Iran, Abbas Mousavi mengecam pelanggaran terhadap perbatasan Iran. "Kami peringatkan konsekuensi dari tindakan provokatif dan ilegal seperti itu," ujar Mousavi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA