Senin 09 Feb 2015 18:48 WIB

Gangguan Teknis, AirAsia Kembali ke Bandara Malaysia

Papan informasi yang menunjukkan penerbangan D7172 kembali ke Malaysia karena masalah teknis
Foto: AP
Papan informasi yang menunjukkan penerbangan D7172 kembali ke Malaysia karena masalah teknis

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Pesawat AirAsia X penerbangan D7172 dari Malaysia menuju Arab Saudi terpaksa kembali ke Malaysia beberapa saat setelah tinggal landas karena masalah teknis, Ahad (8/2).

Direktur Eksekutif AirAsia Kamarudin Meranum mengatakan sistem pendorong otomatis pesawat jet tersebut tidak berfungsi sekitar 45 menit setelah lepas landas. Dia mengatakan pilot kemudian mengubah sistem kendali ke manual dan masih bisa melanjutkan penerbangan.

Namun, pilot memutuskan kembali karena penerbangan belum berlangsung lama. Penerbangan menuju Arab Saudi memakan waktu 10 jam. Kamarudin mengatakan sebelum mendarat, pesawat Airbus A330 itu berputar-putar selama empat jam di atas Selat Malaka untuk menghabiskan bahan bakar dan mencegah pendaratan keras.

"Tidak ada keadaan darurat. Ini bukan masalah keselamatan, hanya langkah pencegahan. Keselamatan adalah hal terpenting bagi kami," ujar Kamarudin.

Pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Kuala Lumpur pukul 17.40 waktu Malaysia. Penumpang kemudian dipindahkan ke pesawat lain.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement