Kamis 18 Feb 2016 00:43 WIB

Penguin Antartika Terancam Punah karena Bongkahan Es Raksasa

Penguin Adelie
Foto:

 

"Saya kira B09B tidak pantas disebut bongkahan es karena bongkahan itu sangat besar ukurannya setara dengan satu negara kecil dan pada dasarnya bongkahan itu memenuhi kawasan tersebut," ujarnya.

Bongkahan es raksasa ini terpisah dari lapisan es Antartika dan Laut Ross dan mulai bergerak pada 1997. Bongkahan ini mendatangkan malapetaka [dan] melumatkan semua yang dilaluinya,"
 
Profesor Turney mengatakan lokasi baru di Commonwealth Bay telah menjebak angin katabatic atau udara dan massa udara yang kering yang bertiup dari dataran tinggi Antartika di Cape Denison dan menyebabkan terbentuknya lautan es.
 
"[Angin] ini kemudian membuat permukaan laut mendingin, mengubahnya menjadi lautan es, kemudian angin bertiup mendorong es itu bergerak menuju laut. [Tapi] karena ada gunung es yang sangat besar, maka terbentuklah lautan es dan karenanya Cape Denison menjadi terjebak di tengahnya," katanya.
 
Profesor Turney mengatakan tambahan lautan es inilah yang kemudian memblokir akses penguin untuk membuka perairan dan mencari makanan.
 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-02-17/koloni-penguin-di-antartika-terancam-punah-karena-bongkahan-es-raksasa/1549108
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement